Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi Adakan Literasi Digital Library Untuk Riset Sains Di National University Of Singapore (NUS)

UIN Walisongo Online, Singapore – Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Melakukan kegiatan Visit Campus di National University Of Singapore. (31/1/2023) Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program KKL dan Pengabdian Masyarakat Internasional yang diberi nama WINNER (Waisongo International Internship and Excursion) yang diadakan di Singapore dan Malaysia mulai tanggal 31 Januari – 4 Februari 2023 program ini merupakan inisiasi dari Fakultas Sains dan Teknologi yang diikuti oleh Dr. Hj. Nur khasanah, M. Kes sebagai penanggung jawab kegiatan dan sekaligus Wakil Dekan 3, Dr. H. Saminanto, M.Si (Wakil dekan 1), Dr. Malikhatul Hidayah, ST. M. Pd (Direktur Walisongo halal center sekaligus Kaprodi Kimia), Edi Daenuri, M. Si (Sekprodi Pend. Kimia) dan mahasiswa UIN Walisongo Semarang.

Kegiatan Visit Kampus NUS ini merupakan tujuan pertama di Singapore dari program WINNER ini, program yang bertujuan untuk bisa memberikan edukasi khususnya di dunia kepustakaan dan Research di kampus rangking 11 dunia. Sehingga, harapanya mahasiswa bisa mengetahui bagaimana ekosistem yang diterapkan di kampus NUS.

Kegiatan Visit Campus ini di ikuti sekitar 22 Mahasiswa UIN Walisongo. Rombongan yang diterima oleh dewan library NUS yang diwakili oleh Ms. Diana ini selanjutnya mengikuti sharing bersama dunia kepustakaan dan metode Research di gedung Library NUS. Kegiatan berlangsung selama 1 hari diikuti antusias oleh para mahasiswa karena bisa mengetahui bagaimana dunia kepustakaan dan research yang diterapkan kampus ini. NUS ini mempunya lebih dari 300.000 buku yang tersedia untuk bisa dipinjam baik social maupun sains serta artikel jurnal yang dapat dikerjasamakan.

Sauki salah satu peserta dari Prodi Teknologi Informasi FST mengatakan “saya merasa senang dengan mengikuti program ini, karena saya bisa mengetahui bagaimana vibes belajar dikampus ternama sekaligus mengetahui bagaimana sih dunia research yang dilakukan di kampus NUS ini” ujarnya.

Selain itu, Nur khasanah juga menambahkqn “program Winner ini merupakan hasil inisiasi oleh fakultas Sains dan Teknolologi, yang harapanya KKL dan Pengabdian Masyarakat ini bisa menjadi salah satu wujud implementasi dari tri dharma perguruan tinggi. Selain itu, kita penjajakan menjalin kolaborasi dan kerjasama internasional dengan kampus luar negeri. Harapanya program ini bisa menjadi program tahunan sehingga bisa menjadi wadah mahasiswa untuk bisa melakukan implementasi dan pembelajaran di luar kampus.

Rombongan dari UIN Walisongo ini juga diajak keliling Ms. Diana Perwakilan Kepustakaan NUS untuk bisa mengetahui bagaimana sih aktivitas mahasiswa NUS sehari-harinya, dengan harapan Mahasiwa UIN Walisongo bisa memperoleh prespektif dari kampus yang merupakan terbaik di asia ini.

“Kampus NUS ini sangat luar biasa, menerapkan kedislipinan yang menjadi prioritas. Selain itu, dengan banyaknya referensi dan metode pembelajaran yang sangat luar biasa ini menjadi salah satu aspek pendukung keberhasilan mahasiswa di kampus ini. Semoga dengan saya mengikuti program ini bisa saya implementasikan di kampus tercinta UIN Walisongo Semarang” ujar firman merupakan mahasiswa prodi Kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *