Implementasi Program Tri Dharma Perguruan Tinggi, Mahasiswa UIN Walisongo Lakukan Pengabdian Masyarakat Internasional di Sekolah TKI Sanggar Buloh Malaysia

Malaysia – Sebagai Wujud Implementasi Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa UIN Walisongo lalukan pengabdian masyarakat di salah satu sekolah TKI di Sungai Buloh Malaysia. Program yang dilaksanakan pada Kamis, 2 Februari 2023.

 

Program Pengabdian Masyarakat kali ini di ikuti oleh 22 Mahasiswa dan 4 Dosen Pendamping. Program ini bertujuan untuk bisa memberikan edukasi khususnya pada siswa Sekolah Dasar (SD) yang ada di Sungai Buloh yang merupakan anak dari para TKI asal Indonesia. Dengan memberikan pendampongan dalam memperdalam rasa nasionalisme, pengenalan budaya, hingga memberi edukasi tentang moderasi beragama.

 

Dalam penyampaian materi tersebut dikemas dalam games yang menarik sehingga bisa tersampaikan dan dicerna mudah oleh para siswa. Game tersebut sangat ikuti antusias oleh para siswa walaupun hujan deras hingga air masuk ke dalam ruang kelas. Banyak siswa merasa senang karena beradu ketangkasan untuk menjawab game yang diberikan. Bukan hanya itu, Mahasiswa UIN Walisongo juga menyediakan banyak hadiah bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dan game.

 

“Program pengabdian masyarakat ini sangat luar biasa karena kita bisa mengetahui kondisi pasa siswa anak TKI Indonesia yang semangat dalam menimba ilmu walaupun dalam segala keterbatasan. Bersama teman-teman semua memberikan edukasi walaupun pada saat itu juga sedang terjadi hujan deras hingga air masuk kedalam kelas, namun tidak menyurutkan semangat kami untuk berbagi pengetahuan dan mengajak siswa untuk bermain game. Semoga program ini bisa istiqomah dilaksanakan agar banyak mahasiswa yang lain bisa mengimplementasikan keilmuan yang dimiliki. Ujar Khoirul Adib salah satu peserta program pengandian masyarakat ini.

 

Selain itu. Dr. Malikha selaku pembimbinh dalam program ini juga menyampaikan “program pengabdian masyarakat seperti ini harus didukung penuh. Karena ini juga bisa menjadi salah satu modal pengalaman bagi mahasiswa untuk bisa terjun ke masyarakat sekaligus bisa mengetahui kondisi anak TKI yang sangat semangat untuk belajar”.

 

Harapan dilaksanakan program ini bisa menjadi salah satu trobosan bagi mahasiswa untuk berbagi kepada sesama sekaligus untuk implementasi keiulmuan yang dimiliki. Dan kedepanya program pengabdian masyarakat internasional ini akan menjadi salah satu program unggulan sebagai wujud tri dharma peruguruan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *