Wisuda UIN Walisongo, Ribuan Wisudawan UIN Walisongo Lulus Tepat Waktu dan Dihadiri oleh Para Masayikh

UIN Walisongo Online, Semarang – Prosesi Wisuda UIN Walisongo Semarang periode Februari 2023 diikuti oleh 1518 wisudawan dan 1047 diantaranya lulus tepat waktu. Peserta wisuda terdiri dari 24 Doktor (S3), 74 Magister (S2), 1418 Sarjana (S1) dan 2 orang Ahli Madya (D3). Acara dikemas dalam acara Sidang Senat Terbuka Universitas Islam Negeri Walisongo : Wisuda Doktor (S3) ke 30 , Magister (S2) ke 54, Sarjana (S1) ke 87 Diploma (D3) ke 33. Acara dilaksanakan di Gedung Prof Tgk. Ismail Yaqub Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo Semarang pada Kamis (9/2/2023) . Selain wisudawan dan para orang tua, wisuda kali ini dihadiri pula oleh para Masayikh yaitu Syekh Prof Dr. Muhammad Hasan Awd (Dekan Fakultas Syariah Universitas Damaskus), Syekh Prof Dr Abdu Al Fattah Bizm (Mufti Damaskus Surian), Syekh Prof Dr. Muhammad Taufiq Ramadhan Al Buthi (Ketua Persatuan Ulama Surian) dan K.H. Taj Yasin Maimoen (Wakil Gubernur Jawa Tengah).

Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Dr Imam Taufiq, M.Ag mengucapkan, “Selamat kepada semua wisudawan yang hari ini menggunakan toga dan baju kebesaran. Wisuda ini merupakan bagian dari cerita perjuangan kuliah di UIN Walisongo. Selamat juga kepada orang tua yang mendampingi para wisudawan dengan jerih payah dan doa untuk putra putrinya. Saya mengapresiasi usaha teman teman untuk lulus tepat waktu, karena itu bukanlah hal yang mudah. Sebanyak 69 persen wisudawan lulus tepat waktu,” ungkapnya.

“Setelah wisuda maka kalian memasuki babak baru untuk bisa berkhidmat kepada masyarakat. Dituntut untuk bisa kembali ke masyarakat dengan penuh dedikasi dan akhlak. Kampus juga berharap agar wisudawan berkhidmad dan berdakwah seperti gaya Walisongo dengan damai dan tanpa kekerasan,” imbuhnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. Muhsin Jamil, M.Ag. menjelaskan dengan diwisudanya 1518 mahasiswa maka sejak berdiri UIN Walisongo sudah meluluskan 402 orang Doktor, 2038 orang Magister, 43531 Orang Sarjana dan 1373 orang Ahli Madia dan 105 Ahli Muda.

” Dari segi pencapaian prestasi akademik, mahasiswa program Doktor secara Sangat Memuaskan dengan IPK rata rata 3,70 Program Magister Sangat Memuaskan dengan IPK rata rata 3,69 , Program Sarjana Cumlaude dengan IPK Rata rata 3,64.” Imbuhnya.

Beberapa wisudawan terbaik dalam momen wisuda kali ini meliputi Wafiq Chofifah IPK 3,93 wisudawan S1 dan Khotibul Umam wisudawan (S2) IPK 3,87 dari Fakultas Syariah dan Hukum. Wisudawan terbaik dari Fakultas Ilmu Tarbiyah jenjang S1 Nabeela Himmatus Tsuroya IPK (3,94) dan jenjang Magister wisudawan Elvi Khasanah IPK (3,80). Wisudawan terbaik dari Fakultas Ushuluddin dan Humaniora S1 yaitu Gita Nurul Faradina IPK (3,91) dan dari program Magister yaitu M. Badruz Zaman (3,93). Wisudawan terbaik dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi program Sarjana (s1) yaitu Tiwi Fadlilatul Azna IPK (3,90) program Magister yaitu Siti Rohmah IPK (3,87).

Wisudawan Terbaik dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam jenjang Diploma (D3) yaitu Fitriana Ratna Juwita IPK (3,92) Program Sarjana (S1) Siti Purmini IPK (3,88) dan Program Magister (S2) yaitu Rifka Fitriyani Ainurriza. Wisudawan terbaik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik program Sarjana (S1) Yanun Anbiya IPK (3,82). Wisudawan Terbaik Fakultas Psikologi dan Kesehatan program Sarjana(S1) yaitu Rizka Tri Kartika dengan IPK (3,86) . Wisudawan terbaik Fakultas Sains dan Teknologi S1 yaitu Krisna Wahyu Anggraeni dengan IPK (3,94). Wisudawan terbaik dari Program Pascasarjana S2 yaitu Uswatul

Disampaikan pula Orasi Ilmiah oleh Syekh Prof. Dr. Muhammad Taufik Ramadhan Al Buth yang merupakan Ketua Persatuan Ulama Syiria dengan judul “Moderasi Islam dan Implementasinya untuk Perdamaian Dunia”.

Wisuda ditutup dengan syair Tembang Pucung karya Walisongo yang ditembangkan oleh Dr. Anasom,M.Hum dengan lirik : Islam iku manut sandyaning rasul. Rahmat kanggo Ngalam . Kanggo ngatur dunyo Iki. Mrih raharjo. Urip tentrem lan barokah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *