Siti Rohmah, Jurnalis yang Jadi Wisudawan Terbaik UIN Walisongo di Hari Pers Nasional

UIN Walisongo Online, Semarang – Wisuda UIN Walisongo periode Februari 2023 bertepatan dengan Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal (9/2/2023). Menariknya dalam wisuda kali ini salah satu wisudawan terbaiknya adalah seorang jurnalis. Dia adalah Siti Rohmah wisudawan dari Magister (S2) Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Walisongo Semarang. Dalam Tesisnya Rohmah yang aktif menjadi jurnalis ini meneliti tentang “ Cloning Journalism dalam Pandangan Wartawan Muslim Kota Semarang”. Rohmah berhasil lulus dengan Cumlaude IPK 3.87.

Dalam tesisnya, rohma menjelaskan aktivitas saling bertukar sumber berita sesama wartawan maupun menerima press release dari instansi bukan sebuah pelanggaran kode etik jurnalistik (KEJ) tentang profesionalitas wartawan.

“Cloning journalism atau aktivitas tukar menukar sumber berita bukan semua pelanggan KEJ asalkan wartawan yang melakukan kloning mematuhi aturan yang berlaku. Namun sayangnya masih banyak yang abai tentang peraturan mengelola press release maupun tahapan verifikasi data.

Ia berharap, nantinya ada peraturan secara resmi yang mengatur tentang aktivitas cloning journalism sehingga wartawan memiliki panduan yang jelas dan tidak merugikan wartawan lain.

“Meskipun cloning journalism diperbolehkan dengan beberapa catatan saya berharap ada peraturan resmi yang mengatur aktivitas cloning journalism sehingga tidak merugikan wartawan lain dan tidak memunculkan masalah di kemudian hari,” ucap Rohmah.

Rohmah sebelumnya merupakan wisudawan Sarjana (S1) terbaik Fakultas Dakwah dan Komunikasi di bulan Juni 2021 kemudian melanjutkan Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam. Gadis kelahiran Gresik 24 Juli 1999 tersebut menyelesaikan pendidikan S2 nya dengan waktu 1 tahun 3 bulan 19 hari. Ia membuktikan bahwa, meski kuliah sambil bekerja menjadi jurnalis Rohmah bisa lulus dengan Cepat.

“Salah satu impian saya adalah menjadi wartawan tetapi saya juga ingin menjadi dosen. Ketika ada kesempatan untuk bisa melanjutkan kuliah karena menjadi wisudawan terbaik dan menjadi wartawan maka saya memilih keduanya dan berusaha tidak ada yang terabaikan,” ucapnya.

Di samping itu, Rohmah juga menjadi salah satu wartawan yang paling aktif di media Sinarjateng.

“Setiap bulan di media saya tempat saya bekerja selalu mengumumkan tulisan dan pageview. Alhamdulillah saya pernah menjadi salah wartawan yang paling aktif,” ucapnya.

UIN Walisongo mengadakan prosesi wisuda periode Februari 2023. Acara dikemas dalam acara Sidang Senat Terbuka Universitas Islam Negeri Walisongo : Wisuda Doktor (S3) ke 30 , Magister (S2) ke 54, Sarjana (S1) ke 87 Diploma (D3) ke 33. Acara dilaksanakan di Gedung pada 9 Februari 2023 di Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo Semarang pada Kamis (9/2/2023) .

Wisudawan terbaik dan cantik tersebut juga mengatakan bahwa dukungan yang didapatkan dari keluarga dan para dosen merupakan hal yang memacu semangat belajarnya hingga dapat meraih prestasi menjadi wisudawan terbaik.

“Motivasi saya yaitu karena keluarga dan para dosen yang membantu saya hingga saat ini, juga dorongan dari diri sendiri yang kuat untuk segera menyelasaikan studi,” ucapnya dengan bangga.

Selain itu, putri dari pasangan suami istri Marman (Alm) dan Zainab tersebut sejak menjadi mahasiswa S1 program studi komunikasi dan penyiaran Islam Rohmah merupakan penerima beasiswa prestasi dan beasiswa Bank Indonesia selamat dua periode.

“Bagi saya kuliah dengan beasiswa merupakan sebuah pencapaian, hal itu menjadikan saya untuk selalu semangat dan memberikan usaha sebaik mungkin,” katanya.

Adapun prestasi-prestasi lain yang dicapai Rohmah yaitu juara 2 lomba karya tulis ilmiah Alquran tingkat Jawa tengah, penulis buku motivasi, penulis novel dan pengelola jurnal Pascasarjana UIN Walisongo Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *