WHC UIN Walisongo Fasilitasi Sertifikat Halal Gratis

UIN Walisongo Online, Semarang – Walisongo Halal Center (WHC) UIN Walisongo Semarang dan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (KUPP) Kabupaten Semarang memfasilitasi pembuatan sertifkat halal kepada para UMKM. Program tersebut dilakukan untuk membantu para UMKM dalam penerbitan sertifikat halal terhadap usaha produksinya.

“Tujuan kegiatan pelatihan PPH (Proses Poduk Halal) ini untuk meningkatkan jumlah UMKM di wilayah Kabupaten Semarang. Selain itu untuk memfasilitasi proses produk halal, meningkatkan daya saing dan jual produk serta meningkatkan perekonomian para UMKM,” ujar Erianto Raharjo, S.E selaku ketua panitia kegiatan.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh para pelaku UMKM di kabupaten Semarang, Rabu (15/02/2023). Program sertifikasi halal ini dilakukan melalui beberapa tahapan pemeriksaan untuk membuktikan bahwa bahan baku, proses produksi, dan sistem jaminan halal produk sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh BPJPH Kementerian Agama RI.

Kepala Dinas KUPP, Heru Cahyono, S.E., .M.M, menyampaikan bahwa Produk UMKM akan dibantu didaftarkan dan didampingi produknya hingga terbit sertifikat halal. Beberapa produk yang akan didaftarkan Sertifikat Halal adalah produk kopi, telur asin, kering kentang, keripik pisang dan kue nastar.

Direktur WHC, Dr. Malikhatul Hidayah, ST, M.Pd menambahkan, “Melalui kegiatan ini diharapkan para pelaku usaha dapat mendapatkan sertifikat halal melalui program pedampingan langsung kepada para pelaku usaha. Sehingga program akselerasi 1.000.000 sertifikasi halal UMKM yang digalakkan oleh pemerintah dapat tercapai,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *