KKN UIN Walisongo Resmikan Program Unggulan Agrowisata Green House Jabungan

UIN Walisongo Online, Semarang – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Walisongo kembali meresmikan program unggulan KKN Mandiri Inisiatif Terprogram tahun 2023. Kali ini, KKN UIN Walisongo menginisiasi terbentuknya Agrowisata Green House Kelurahan Jabungan Banyumanik. Green House tersebut ditargetkan sebagai peningkatan ketahanan pangan dan pembentukan Agrowisata.

Dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Mukhsin Jamil, Peresmian ini digelar di Eks Terminal Pembantu Keluarahan Jabungan Banyumanik pada Senin, 20 Februari 2023. Hadir pula para pimpinan, Sekretaris LP2M, Camat Banyumanik, Lurah Jabungan dan jajaran, Kapolsek, dan Danramil.

Prof Mukhsin mengapresiasi inisiasi pendirian Greenhouse Edufarm ini. Prof Mukhsin menjelaskan setidaknya ada tiga modal strategis dalam pengembangan desa. Modal tersebut adalah modal sosial, modal potensi alam, dan modal budaya.

“Edufarm yang saat ini kita resmikan bersama adalah wujud bakti mahasiswa untuk sama-sama membangun potensi desa. Tiga modal sosial, potensi alam, dan budaya Saya kira sudah bagus di desa ini. Yang menjadi PR kita adalah pengembangan dan optimalisasi modal tersebut.” Ungkap Wakil Rektor 1 UIN Walisongo.

Prof Mukhsin menambahkan jika bisa dikembangkan bersama, tempat ini bisa dijadikan laboratorium teknik lingkungan dan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo.

Sementara itu Camat Banyumanik Maryono, SH berharap ending dari kegiatan ini berbuah kreasi untuk edukasi warga Jabungan Banyumanik. Hal ini sesuai dengan program yang tengah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Semarang yaitu Urban farming, ketahanan pangan, pengentasan kemiskinan, dan stunting.

Fuad Diyaul Haq Kordinator mahasiswa KKN Jabungan menuturkan bahwa program ini adalah inisiatif bersama antara mahasiswa dan berbagai stakeholder desa termasuk Pokdarwis dan Karang Taruna. Menurutnya potensi desa Jabungan yang besar baik alam dan SDM sangat mumpuni. Hal ini yang perlu dikembangkan.

Fuad berharap peresmian edufarm ini dapat berkontribusi bagi ketahanan pangan di desa Jabungan.

**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *