UIN Walisongo dan Telkomsel Kolaborasi Perkuat Literasi Digital MTS PSM Randublatung

Blora – Universitas Islam Negeri Walisongo berkolaborasi dengan Telkomsel Regional Jateng DIY melakukan kegiatan pelatihan literasi digital dan moderasi beragama di Mts Pesantren Sabilil Muttaqien(PSM) Randublatung pada (27/2/2023). Kegiatan ini diikuti oleh 200 siswa dan siswi MTs PSM. Kegiatan ini merupakan Pengabdian Masyarakat Kolaboratif dari UIN Walisongo Semarang dengan Telkomsel Regional Jateng DIY. Pemateri dalam pelatihan ini adalah Wildan Adi Nugraha yang merupakan Corporate Communications Telkomsel Regional Jateng DIY yang menyampaikan tentang salah satu kegiatan Telkomsel tentang literasi digital yaitu” internet baik”. Pemateri selanjutnya adalah Alifa Nur Fitri,M.I.Kom.,AMIPR Dosen Public Relations di UIN Walisongo Semarang sekaligus Ketua YPI PSM Blora yang akan menyampaikan tentang “pentingnya moderasi beragama di era digital”. Kegiatan dilaksanakan di Aula MTs PSM Randublatung. Kegiatan dibuka terlebih dahulu oleh Kepala Sekolah MTs PSM Randublatung dan dilanjutkan penyerahan Orbit Star dari Telkomsel untuk sekolah. Pelatihan ini merupakan kelanjutan pelatihan literasi digital dan moderasi beragama yang sebelumnya dilakukan oleh Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Walisongo.

Kepala sekolah MTs PSM Randublatung, Rohmadi,M.Pd. Menyampaikan “ Di Era saat ini pelatihan literasi media ini menjadi hal yang penting karena perkembanga teknologi yang berkembang pesat dan menjadi kebutuhan primer. Selain itu proses dan kegiatan bisa lebih cepat, mudah dan efisien. Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatannya dan ini bagian dan penerapan merdeka belajar di Sekolah. Siswa siswi jadi lebih memahami lagi tentang Literasi Digital dann Moderasi beragama. Literasi digital ini juga membantu sekolah untuk menyampaiakan prestasi siswa dan siswi baik akademik dan non akademik”.

Wildan Adi Nugraha dalam pemaparannya menyampaikan “ Internet memiliki manfaat positif dan negatif. Positifnya internet memungkinkan kita untuk berbagi informasi. Saat ini penggunaan internet untuk banyak hal. Ada juga sisi negatifnya seperti cyberbullying(perundungan dunia maya). Ada beberapa prinsip cerdas berinternet keep playing or stop, think berfore posting , wise while online.Dampak negatif terlalu banyak menggunakan intenet mulai dari paparan sinar biru. Ketika akan memposting kita saring sebelum sharing. Internet yang baik itu Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif dan Kreatif.

“Internet baik ini merupakan program Corporate Social Responsibility Telkomsel untuk mendorong pemanfaatan internet yang dapat membangun ekosistem digital secara positif, konstruktif dan bernilai tambah.imbuhnya ”

Alifa Nur Fitri dalam pemaparannya menyampaikan “ Moderasi beragama penting dalam kehidupan keberagamaan di Indonesia. Moderasi beragama menurut Kementrian Agama adalah cara pandang,sikap dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum – berlandaskan prinsip adil, berimbang dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa. Ada empat indikator dalam moderasi beragama yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan penerimaan terhadap tradisi lokal.Harapannya sikap ini dimiliki oleh siswa siswi MTs PSM Randublatung. ”

Untuk lebih memahami moderasi beragama, Alifa Nur Fitri mengajak siswa siswi untuk menonton Film “ULEM” karya Mahasiswa UIN Walisongo yaitu Bahtiar,Zainudin dan Pepih yang memenangkan juara 3 Lomba PESONA PTKN 2022. Siswa siswi menikmati dan bisa memahami pesan moderasi beragama melalui film ini karena menggambarkan keberagamaan di Indonesia

Mts PSM Randublatung sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan dari Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran UIN Walisongo. Salah satu hasilnya adalah Mts PSM memiliki kesadaran pentingnya media dan moderasi beragama. Saat ini Mts PSM Randublatung sudah dikelola dengan baik oleh Tim Media yang terdiri dari guru dan siswa dan mengkomunikasikan capaian prestasi MTs PSM Randublatung seperti siswa berprestasi di Pekan Olah Raga Pelajar di Tingkat Kabubaten Blora, SIswa Berprestai di Olimpiade Sains dan Bahasa dan berbagai kegiatan sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *