Kemenag RI Goes To Campus Ajarkan Goverment Public Relations ke Mahasiswa

UIN Walisongo Online, Semarang- Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Walisongo mengadakan program praktisi mengajar bersama Kementrian Agama(Kemenag)RI. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kemenag Goes To Campus berkolaborasi dengan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Walisongo Semarang. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan kegiatan Goverment Public Relations pada mahasiswa. Kegiatan dilaksanakan di Teather Gedung Ahmad Qodri Azizi pada Jumat (17/3/2023) diikuti oleh 63 Mahasiswa dari konsentrasi Public Relations yang tergabung dalam Walisongo Public Relations Community(WPRC), Humas Himpunan Mahasiswa Jurusan(HMJ) KPI UIN Walisongo, Humas Walisongo TV, Humas MBS dan Humas Missi . Pemateri dalam Pelatihan Goverment Public Relations adalah Sri Hendriani dari Humas Balitbang Kemenag RI dan Budiyono sebagai Humas Ditjen Bimas Budha.

Kegiatan dibuka oleh Kajur Prodi KPI, H.M. Alfandi M.Ag menyampaikan “Konsentrasi Public Relations merupakan respon Jurusan KPI untuk menjawab tantangan zaman terkhusus dalam dunia kehumasan” ungkapnya.

Humas Balitbang Kemenag RI, Sri Hendriani mengatakan “Tantangan Humas saat ini adalah harus mampu memberikan leading issue. Beberapa kegiatan Goverment Public Relations meliputi strategi komunikasi, media Relations, mengkomunikasikan kebijakan, membuat event, memitigasi berita dan audit komunikasi” ungkapnya

Budiyono yang merupakan Pranata Humas Ditjen Bimas Budha menyampaikan,”Seorang Public Relation yang profesional mesti proaktif dalam memanfaatkan momen yang ada. Pentingnya Etika Komunikasi dalam bermedia sosial, hindari penyebaran SARA, cek kebenaran berita/informasi, menghargai hasil karya orang lain dan jangan terlalu mengumbar informasi pribadi” ungkapnya.

Pelatihan kali ini mahasiswa tidak hanya belajar tentang bagaimana Humas Pemerintah bekerja namun Mahasiswa dilatih untuk menjadi humas. Salah satunya dengan output untuk membuat berita terkait kegiatan ini dan publikasi melalui Instagram dengan membuat reels acara.

Acara berjalan interaktif dalam berdiskusi dan diadakan pelatihan Government Public Relations agar mahasiswa benar-benar mampu memahami dunia kehumasan di institusi pemerintahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *