Selamat Datang Calon Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Tahun 2023, Berikut Alur Registrasi Ulangnya

UIN Walisongo Online, Semarang- Universitas Islam Negeri Walisongo mengumumkan Hasil seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Tahun 2023 pada Selasa (28/3/2022). Jalur SNBP merupakan pola penerimaan calon mahasiswa baru skala Nasional melalui penelusuran kemampuan dan prestasi akademik dan/ atau portofolio calon mahasiswa yang diselenggarakan oleh BPPP Kemendikbud yang diikuti oleh Semua Perguruan Tinggi Negeri.

Penerimaan Mahasiswa Baru(PMB) jalur SNBP tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Sejumlah 3183 calon mahasiswa memilih UIN Walisongo sebagai tujuan studinya.

Sebanyak 502 calon mahasiswa dinyatakan lolos melalui jalur ini dengan Program studi yang paling banyak diminati adalah program studi Manajemen dan Program Studi Psikologi.

Jalur SNBP dibuka untuk beberapa jurusan atau program studi di UIN Walisongo, meliputi Manajemen, Psikologi, Gizi, Ilmu Hukum, Teknologi Informasi, Sosiologi, Ilmu Politik, Biologi, Matematika, Teknik Lingkungan, Kimia dan Fisika.

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang dengan mengisi data diri pada laman https://datadiri.walisongo.ac.id.

Akses pengisian data diri dibuka pada tanggal 29 Maret – 6 April 2023 dengan akun: user name (diisi dengan Nomor Registrasi) pasword (NISN).
Beberapa dokumen perlu dilampirkan untuk diunggah berupa file scan dokumen asli meliputi :
a. Kartu Keluarga
b. Rekening Listrik, Bagi pelanggan PLN Pascabayar dengan melampirkan Rekening listrik 3 bulan terakhir. Bagi pelanggan PLN Prabayar (pulsa), rekening listrik diganti dengan Surat Pernyataan pengeluaran biaya listrik bulanan yang ditandatangani oleh Kepala Keluarga. Bagi penerima bantuan listrik gratis dari pemerintah, dokumen rekening listrik diganti dengan Surat Keterangan penerima bantuan listrik gratis yang ditandatangani oleh Kepala Desa/Kepala Kelurahan dan berstempel resmi.
c. Penghasilan Orang Tua/ Wali Mahasiswa: Untuk orang tua/wali mahasiswa yang jenis pekerjaannya PNS/pekerja formal ditunjukkan dengan slip gaji 2) Untuk orang tua/wali mahasiswa non PNS/non formal dengan Surat Keterangan Penghasilan Perbulan yang diketahui oleh Kepala Desa/Kelurahan serta berstempel resmi.
d. Pasfoto berwarna dengan background merah, format JPEG, dan ukuran maksimal 1 MB.
e. Foto rumah tampak depan, tampak samping, kamar mandi, kamar tidur, ruang keluarga dan dapur.
f. Surat keterangan rata-rata pengeluaran belanja keluarga setiap bulan yang ditanda tangani oleh Kepala Keluarga.
g. Kartu JKN-KIS Aktif (dapat berupa BPJS Kesehatan, Jamkesmas, ASKES). Bagi yang belum memiliki dipersilahkan mengurus kepesertaan JKN di daerah masing-masing dan mengisi surat pernyataan kesediaan mengurus kepesertaan JKN-KIS.
h. KIP-K (Kartu Indonesia Pintar Kuliah), bagi yang memiliki. Bagi yang tidak memiliki KIP-K silahkan mengisi nomor KIP-K dengan angka “0”.
Informasi terkait besaran UKT yang akan dibayarkan bisa dilihat pada tanggal 18 April 2023. Calon Mahasiswa sebelumnya diharapkan mengunggah surat pernyataan kesediaan membayar UKT pada https://datadiri.walisongo.ac.id. Sedangkan pembayaran UKT akan dilaksanakan pada tanggal 19 April -12 Mei 2023 melalui salah satu bank berikut: Bank BSI, Bank Jateng Syariah, Bank Mandiri,Bank BTN, Bank BTN Syariah. Sedangkan untuk tatacaranya bisa dilihat di laman http://uinws.link/ukt.
Setelah pembayaran mahasiswa melihat Nomor Induk Mahasiswa dan akun email mahasiswa UIN Walisono serta akun sistem informasi akademik dan mengunduh e-KTM di https://datadiri.walisongo.ac.id. Mahasiswa melakukan Tes Kesehatan, Tes Narkoba dan pengambilan KTM akan dilakukan setelah kondusif.
Informasi lengkap tentang alur registrasi ini dan template form yang dibutuhkan dapat diakses di laman https://walisongo.ac.id dan https://datadiri.walisongo.ac.id. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Akademik dan Kemahasiswaan UIN Walisongo Semarang melalui nomor helpdesk 085174370900 pada jam kerja (Senin – Jum’at, jam 07.30–16.00 WIB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *