Praktisi Mengajar : PR Hotel Arrus sharing Pelayanan Prima di UIN Walisongo

UIN Walisongo Online, Semarang – Walisongo Public Relations Community(WPRC) mengadakan kuliah praktisi mengajar pada (17/05/2023). Kegiatan ini mengusung tema “Layanan Prima Menghadapi Cutomer, Mengorganisir Komplain, dan Merebut Kembali Customer” . Pemateri kegiatan praktisi mengajar mengundang dua pemateri dari bidang yang berbeda yaitu Imam Syafii, S. Sos. – Conten Creator & Influencer dan Lala Nikmah, S.I.Kom – Public Relations Hotel Aruss Semarang.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Mata Kuliah Analisa Pelayanan Prima dan Stakeholder yang diampu oleh Alifa Nur Fitri,M.I.Kom.,AMIPR. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Teater lantai 4 Syarif Hidayatullah UIN Walisongo Semarang diikuti oleh 40 orang mahasiswa.

Menurut Imam Syafii yang bergelut dalam dunia kerja yang menghadapi customer via Online tentu bukan bukan hal yang dapat disepelekan. Bukan karna tidak bertemu customer secara langsung membuatnya sebodo amat dengan penampilan karna tidak terlihat, namun ternyata hal yang sangat berpengaruh adalah penampilan bertemu atau tidak bertemu secara langsung dengan customer penampilan adalah utama.

” Bukan karna tidak bertemu secara langsung dengan customer membuat saya tidak menperhatikan penampilan, tapi penampilan adalah hal utama dan harus diperhatikan”. Paparnya

Bagi seorang praktisi PR penampilan adalah nomor pertama karnan nantinya dari penampilan itulah yang menjadikan “first impression” orang lain terhadap kita.

Selanjutnya, Lala Nikmah mengatakan bahwa bukan hanya penampilan tapi mengerti keadaan atau kondisi customer juga sangat penting.

“Tidak semua orang menbutuhkan hal yang sama, mengerti tempat, keadaan dan kondisi customer adalah hal yang sangat penting”. Jelas Lala Nikmah

Ada banyak sekali kasus bagaimana seorang PR harus mengerti keadaan dan kondisi customer-nya. Selain itu seorang PR juga harus mahir dalam menanangani berbagai kompalain para customer dan kemudian berhasil menarik kembali.

Alifa Nur Fitri menyampiakan
“Setelah belajar dikelas tentang berbagai konsep dan diskusi tentang pelayanan prima. Melalui kegiatan praktisi mengajar ini mahasiswa bisa lebih memahami bagaimana penerapannya di dunia kerja. Tentunya mahasiswa juga mendapatkan pengalaman berharga dari para praktisi”ucapnya.

Sesi terakhir terakhir dari seminar ini adalah sesi tanya jawab dan kemudian di tutup dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *