Kontingen Pramuka Walisongo Terapkan Bina Masyarakat Melalui Bakti Desa PWN PTK XVI

UIN Walisongo Online, Gorontalo – Kontingen Pramuka UIN Walisongo Semarang mengikuti kegiatan bakti desa pada kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) 2023. Bakti desa dilaksanakan di Desa Daenaa, Kecamatan Limboto Barat, Provinsi Gorontalo. Kegiatan dilaksanakan dalam 2 rotasi, pertama pada 22-24 Mei sedangkan kloter kedua 24-26 Mei 2023.

 

Daenaa merupakan desa tanpa jaringan komunikasi, akan tetapi semangat perubahan dan pergerakan selalu tumbuh dalam masyarakat tersebut. Kegiatan bakti desa rotasi pertama direalisasikan dengan aksi tanam pohon disekitar pinggiran sungai dan lokasi yang rawan diterjang banjir.

 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Achmad Arief Budiman, M.Ag menyatakan bahwa kegiatan bakti desa pada acara PWN ke-XVI di Gorontalo merupakan wujud dari aplikasi Tri Satya pramuka yang ke dua, yakni “Menolong sesama hidup, dan mempersiapkan diri dalam membangun masyarakat.”

 

“Bakti di desa Daenaa ini merupakan langkah kongkrit pengaplikasian dari salah tri satya paramuka yang kedua, yang dapat menumbuhkan rasa welas asih, dan menolong antar sesama,” tutur Arief Budiman.

 

Tak hanya itu, kegiatan bakti desa dalam PWN ke-XVI ini juga memberikan kesan positif bagi peserta kontingen UIN Walisongo.

 

“Walaupun tidak secara full kegiatan di Desa Daenaa itu berupa bakti masyarakat, namun cukup berkesan. Kami bisa membaur belajar bersama masyarakat sekitar yang sangat terbuka dan menerima kami peserta PWN PTK dengan baik,” ungkap Dewi KDR Putri 2023.

 

Sementara itu, pada rotasi kedua bakti masyarakat dilakukan dengan membangun tempat ibadah berupa Musholla, bersih-bersih lingkungan serta penyuluhan kesehatan.

 

“Di Desa binaan itu hari pertama kami ada ikut membangun Mushola Al-Kahfi, bakti lingkungan serta penyuluhan kesehatan dari pihak terkait,” tambah Dian Pradana Putri 2023. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *