Benchmarking Penguatan Kelembagaan : FEBI UIN Walisongo kunjungi FEB UI & FEB UNPAD Bandung

UIN Walisongo Online, Jakarta – Tim dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo berkunjung ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia kampus Depok dan Universitas Padjajaran Bandung (UNPAD) kampus Jatinangor, Selasa dan Rabu 30-31 Mei 2023. Di FEB UNPAD Tim yang dipimpin langsung oleh Dekan Dr. Muhammad Saefullah, M.Ag disambut langsung oleh Dekan FEB UNPAD Prof. Dr.Nunuy Nur Afiah, MS, Ak, CA Beserta Wakil Dekan Bidang Akademik, kemahasiswaan dan riset, Prof.Maman Setiawan, Ph.D dan Kaprodi Bisnis Digital Dr.Mery citra Sondari, M.Si serta yang lain. Sebagaimana disampaikan dalam sambutannya mengawali acara, Dr. Safullah menegaskan bahwa kunjungan ini dimaksudkan untuk Ngaji, mempelajari berbagai langkah yang ditempuh FEB UNPAD dalam pengelolaan Fakultas maupun di tingkat program studi yang sudah mempunyai reputasi yang bagus mulai dari Pengajaran, penelitian, Kerjasama hingga program student mobility serta akreditasi prodi-prodi yang di akui oleh beberapa lembaga Akreditasi baik yang skala nasional maupun internasional. Selain itu kunjungan kali ini adalah untuk mendapatkan informasi yang lebih detail tentang jurusan bisnis digital, karena dalam waktu dekat FEBI akan membuka prodi Bisnis Digital.

Dalam sambutannya, Prof Nunuy merasa senang dan berterima kasih atas kunjungan FEBI ke UNPAD, Dia menjelaskan tentang capaian-capaian yang telah diraih oleh FEB UNPAD dalam beberapa tahun terakhir termasuk akreditasi prodi-prodi yang sifatnya nasional maupun internasional internasional.

Wakil Dekan Bidang Akademik, kemahasiswaan dan riset, Prof.Maman Setiawan, Ph.D juga menjelaskan bahwa apa yang telah diraih oleh FEB UNPAD selama ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak, mulai dari dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, terangnya. Untuk rencana pembentukan jurusan Bisnis Digital FEBI UIN Walisongo, Dr.Mery citra Sondari, M.Si yang merupakan Kaprodi Bisnis Digital di UNPAD menjelaskan untuk pembentukan prodi tersebut dibutuhkan dosen yang background pendidikan sesuai dengan yang dibutuhkan prodi, terutama yang punya latar belakang IT. Selain itu dia juga menyampaikan tentang kurikulum, daftar mata kuliah yang wajib ada misal ilmu komputer dan algoritma pemrograman, pemrograman komputer, pengembangan web, sistem basis data, teknologi financial dan lain sebagainya yang dibutuhkan prodi.

Ssedangkan dihari berikutnya, Rabu 31 Mei 2023 Tim yang dipimpin langsung oleh Dekan Dr. Muhammad Saefullah, M.Ag berkunjung ke FEB UI Kampus Depok dan diterima langsung oleh Dekan Teguh Dartanto, Ph.D Beserta jajarannya meliputi Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Arief Wibisono Lubis, Ph.D, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum, Nanda Ayu Wijayanti, Ph.D Serta segenap kepala departemen baik akuntansi, manajemen maupun ilmu ekonomi.

Dalam sambutannya, Dr. Safullah, M.Ag menegaskan bahwa kunjungan ini dimaksudkan pertama untuk menjalin silatur Rahim antara FEBI UIN Walisongo dengan FEB UI, selain itu untuk Ngaji, belajar yang berkaitan dengan akademik maupun non akademik dan lain-lain.

Dalam sambutannya, Dekan FEB UI Teguh Dartanto, Ph.D., menuturkan bahwa FEB UI memiliki Program kerja yang dicanangkan untuk merealisasikan cita-cita FEB UI yang inclusive, relevant, dan reputable melalui history (mengingat masa lalu), legacy (mengenang kejayaaan masa kini), dan bright future (menyongsong masa depan yang lebih baik). Untuk bright future berfokus pada FEB UI unggul, menuju triple crown accreditation (AMBA, AACSB, EQUIS), meningkatkan ranking internasional, peran sentral alumni di pemerintah maupun swasta, employability, dan mendukung entrepreneurial university. Selain itu, Dekan yang asli Pati Jawa tengah ini menuturkan bahwa Struktur organisasi FEB UI mengalami perubahan secara signifikan sebagai respon dari perkembangan zaman, diantaranya penambahan struktur baru yaitu Center for Education and Learning of Economics and Business (CELEB); Dean Office for Strategic Planning, Evaluation, and Monitoring – International Ranking (DOSPEM – IR); Faculty Academy; Institute of Advanced Studies in Economics and Business (IASEB); Wakil Koordinator Program Kelas Khusus Internasional (KKI); dan Information, Communication and Technology Center (ICTC). Seusai sesi sharing dan makan siang bersama, rombongan FEBI kemudian diajak keliling kampus dan ditemani langsung oleh Dekan FEB UI melihat sejumlah fasilitas penunjang kegiatan akademik yang dimiliki oleh fakultas. Setelah acara selesai rombongan FEBI menuju ke kantor Dompet Dhuafa pusat Jakarta untuk menjalin serta menjajaki kemungkinan Kerjasama yang telah dirintis FEBI dengan kantor Dompet Dhuafa Jawa Tengah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *