LP2M Lepas 12 Mahasiswa KKN Internasional ke Vietnam dan Malaysia

UIN Walisongo Online, Semarang – LP2M UIN Walisongo mengadakan pelepasan Peserta KKN Internasional dan KKN Nusantara pada Selasa (11/7/2023). Sebanyak 12 Mahasiswa UIN Walisongo yang dikirimkan untuk mengikuti KKN Internasional di Malaysia dan Vietnam. Selain itu UIN Walisongo juga melepas 2 Mahasiswa untuk mengikuti KKN Nusantara ke Tana Toraja. KKN Internasional UIN Walisongo yang diberangkatkan kali ini merupakan perdana. Pelaksanaan KKN Internasional tahun 2023 dilaksanakan pada 13 Juli – 10 Agustus 2023. Kegiatan pelepasan KKN Internasional dilaksakana di Ruang Sidang Lantai 4 Gedung KH Soleh Darat dibuka oleh Sekertaris LP2M UIN Walisongo Dr.Mokh Sya’roni,M.Ag.

Dr.Mokh Sya’roni,M.Ag. Sekertaris LP2M UIN Walisongo menyampaikan
“ Mahasiswa KKN Internasional UIN Walisongo ini merupakan duta duta Walisongo yang selalu menebar kedamaian dan moderasi beragama. Selama KKN saya juga berharap kegiatan yang dilakukan mengedepankan Islam yang Rahmatal lil Alamin. Saya juga berharap selama KKN Mhahasiswa bida beradaptasi dengan baik, terlebih dengan budaya yang berbeda. Bisa berbaur dan memberikan program program yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar wilayah KKN” ungkapnya.

“ KKN Internasional tahun ini merupakan pioner, mewujudkan tri dharma perguruan tinggi dikancah internasional. Tim LP2M UIN Walisongo sudah bekerja keras demi terlaksananya kegiatan mulia ini, pengabdian kepada masyarakat. Saya berharap Mahasiswa bisa menjaga nama baik almamater dan mengharumkan nama UIN Walisongo melalui pengabdian dalam kegiatan KKN Internasional”, imbuhnya.

M.Rikza Chamami Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat UIN Walisongo menyampaikan

“ Mahasiswa diharapkan bisa menjaga nama baik UIN Walisongo di dunia nyata maupun dunia maya. Media sosial bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi kegiatan KKN Internasional. KKN Internasional juga didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan yang kompeten sehingga tidak hanya pengabdian internasional tetapi juga harapannya output dalam bentuk artikel ilmiah”, ungkapnya.

Sebelum pelepasan KKN Internasional LP2M memberikan pembekalan yang berisi materi kepenulisan dan persiapan keberangkatan mahasiswa. Salah satu tema yang diangkat dalam KKN Internasional Vietnm adalah “ Embrancing Diversity, Expanding Community”. Beberapa program yang akan dilaksanakan di KKN Internasional Vietnam dibeberapa bidang yaitu Religion ( in collaborations with Masjid Al Noer Vietnam), Social Culture ( Sharing Indonesian Culture), Educations ( Teaching Class Make Study Modul, Campus Visit), Economic Enterpreneurship (Handy Craft, Bead Work) dan Enviroment( In Collaboration with Keep Hanoi Clean). KKN Internasional Vietnam dilaksanakan di Hanoi , Sedangkan KKN internasional UIN Walisongo di Malaysia akan dilaksanakan di Selangor Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *