1807 Mahasiswa Diwisuda, Walisongo Muda Jiwa Pembelajar Tak Boleh Putus

UIN Walisongo Online, Semarang – Universitas Islam Negeri(UIN) Walisongo mengadakan prosesi wisuda bulan Agustus 2023. Wisuda ini merupakan wisuda Doktor (S3) ke 32, Magister (S2) ke 56 dan Sarjana (S1) ke 89 dan Diploma (D3) ke 34 dengan total jumlah wisudawan sejumlah 1807 orang terdiri dari 20 orang Doktor, 58 orang Magister , 1717 orang Sarjana dan 2 orang Ahli Madya. Wisuda yang terbagi menjadi 2 sesi ini dilaksanakan di Gedung Tgk.Ismail Yaqub pada Rabu (23/8/2023).

Rektor UIN Walisongo menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan, dan berpesan agar Wisudawan tetap semangat belajar meskipun sudah diwisuda.

“Saya berharap wisudawan tetap belajar, seperti Cerita dari Imam Syafi’i yang mengkisahkan tentang sang pembelajar. Sang Pembelajar ibarat air, mengalir dari tinggi ke rendah. Dimanapun tempat rendahnya air dia akan mengikuti dan meresap. Sesungguhnya melihat diamnya air menjadi musibah, rusak tempatnya. Tetapi kalau mengalir airnya menjadi kebersihan bagi lingkungannya. Wisudawan jangan berhenti untuk belajar, memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negeri ini,” ungkapnya.

Prof Imam juga mengapresiasi atas usaha para wisudawan yang sudah berhasil lulus tepat waktu. Dari 1807 wisudawan, yang lulus tepat waktu sebanyak 64 persen. Fakultas Psikologi dan Kesehatan mencatat sejumlah 96% wisudawan lulus tepat waktu. Tertinggi dibandingkan Fakultas lainnya.

Drs. H. Lukman Hakim, M.S.I., Ketua Kalam UIN Walisongo menyampaikan saat ini alumni UIN Walisongo sudah tersebar di berbagai bidang.

“UIN Walisongo berkembang luar biasa dan kampus hijau yang diminati oleh banyak kalangan. Rencana adanya Fakultas Kedokteran tentu menjadikan UIN Walisongo semakin maju. Saya ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan hari ini. Alumni UIN Walisongo saat ini ada disemua lini dan membanggakan. Ketika menjadi alumni kita harus tetap menjaga identitas dengan baik. Salah satunya melalui sosial media. Sosial media mempengaruhi akhlak anak bangsa, maka alumni diharapkan menggunakan media sosial untuk syiar Islam dan kebaikan bangsa,” ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. Mukhsin Jamil, M.Ag. menyampaikan laporan Wisuda Periode Agustus 2023 diikuti 1807 wisudawan. Sejak berdirinya pada tahun 1970 UIN Walisongo sudah meluluskan 433 orang doktor, 2140 orang Magister, 47.786 orang Sarjana, 1375 orang Ahli Madia dan 105 orang Ahli Muda.

Wisudawan terbaik FUHUM yaitu Durrotun Yatimah program Magister, Terbaik Sarjana yaitu Moh.Jamalul Lail.
Wisudawan terbaik dari FITK yaitu Jumiati untuk program Magister dan Triyani Handayani program Sarjana. Wisudawan terbaik dari FDK dari program Sarjana yaitu Lilis Kuraisin dan Aslikhatul Ummah Sofi Alif untuk program Magister. Lulusan Terbaik FPK yaitu Laila Nur Arifiyani. Lulusan Terbaik dari FSH program Sarjana adalah Muhammad Fajri Kholil Zain dan Program Magister Arif Fathur Rohman. Wisudawan terbaik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (s2) yaitu Eka Khumaidatul Khasanah dan untuk program Sarjana yaitu Syifa Fedira Az zahra. Mahasiswa terbaik dari FISI yaitu Milatul Zulfa dan Mahasiswa Terbaik FST yaitu Bulan Ayu Ivanda. Lulusan Terbaik Program Pascasarjana S2 yaitu Zairotus Sholikhah dan Pascasarjana S3 yaitu Nasitotul Jannah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *