Perkuat Kerjasama Internasional di bidang pendidikan, UIN Walisongo teken MoU dengan Majlis Agama Islam Yala, Thailand Selatan

UIN Walisongo Online, Semarang – Bidang perhubungan luar negeri, Majlis Agama Islam wilayah Yala, Thailand Selatan. menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan MoU Kerjasama yang dilaksanakan pada Sabtu (23/12/2023) di Ruang Sidang Rektor, Gedung KH Saleh Darat.

Inisiasi kerjasama yang dilakukan ini antara lain, berkaitan dengan bidang pendidikan seperti pertukaran Dosen dan mahasiswa, kolaborasi dalam penelitian, penyelenggaraan pertemuan akademis, pertukaran informasi, publikasi dan sumber daya akademik serta aktivitas lain yang terkait dengan penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan ini diawali oleh sambutan – sambutandan dilanjutkan dengan pendandatanganan MoU Majlis Agama Islam Yala dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, oleh Sheikh Ali Mateeh Kepala Bidang Perhubungan Luar Negeri, Majlis Agama Islam Wilayah Yala, Thailand Selatan dan Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag selaku Plt. Rektor UIN Walisongo diikuti oleh perwakilan dari PCINU Thailand, Staf Pusat Layanan Internasional dan perwakilan mahasiswa internasional dari Thailand.

Kepala Bidang Perhubungan Luar Negeri, Majlis Agama Islam Wilayah Yala, Thailand Selatan yakni Sheh Ali Mateeh menyampaikan bahwa, hubungan kerjasama antara Indonesia dengan Thailand, khususnya Thailand Selatan, sudah berlangsung sejak lama dengan Indonesia. sehingga jalinan kerjasama ini merupakan bagian dari ikhitar kita untuk melanjutkan sinergitas kerjasama dan menggapai kebermanfaatan antar sesama dalam hal – hal baik kedepannya, khususnya dibidang pendidikan.

“Saya berharap, melalui kerjasama di bidang pendidikan ini, kami dapat terus belajar terkait persatuan dan kesatuan yang ada di Indonesia, sehingga anak – anak kami yang nantinya belajar di UIN Walisongo akan bisa kembali ke Thailand dengan baik dan bisa mengajarkan dan menyebarkan ilmu yang sudah mereka dapatkan ketika belajar di UIN Walisongo Semarang nantinya. Tentunya, kami juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi – tingginya kepada UIN Walisongo Semarang atas sambutan hangat serta jalinan kerjasama yang terjalin saat ini, semoga kerjasama dibidang lainnya bisa terus dikembangkan lebih luas lagi di masa yang akan datang” pungkasnya.

Plt Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Nizar,M.Ag. menyampaikan dalam sambutannya bahwa UIN Walisongo menyambut baik jalinan kerjasama ini, khususnya kerjasama di bidang pendidikan. Kerjasama ini menjadi langkah konkrit UIN Walisongo Semarang untuk mengembangkan kerjasama di kancah internasional.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Majlis Agama Islam Yala, atas jalinan kerjasama ini. Kami berharap melalui kerjasama ini, akan ada program yang saling membangun satu sama lain, seperti pertukaran mahasiswa dan juga dosen UIN Walisongo di wilayah thailand, kegiatan ini bisa didesain sedemikian rupa nantinya, dan juga bekerjasama dengan institusi – institusi pendidikan yang ada disana. Saya tidak ingin MoU yang dilaksanakan ini hanya berupa seremonial belaka, namun harus ada tindak lanjut dan implementasi yang lebih berkembang lebih baik lagi”, pungkasnya

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *