FDK UIN Walisongo-PAMHU gelar Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan XV

UIN Walisongo Online, Semarang – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan sertifikasi pembimbing manasik haji profesional untuk angkatan XV tahun 2024.

Bekerjasama dengan Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI dan Perkumpulan Ahli Manajemen Haji dan Umrah (PAMHU), sertifikasi yang diikuti oleh 70 peserta ini diselenggarakan di Hotel New Puri Garden, dari tanggal 4 hingga 11 Februari 2024. Peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia; ada yang berasal dari Kalimantan Tengah, Lampung, Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Plt. Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag. Dalam sambutannya, Nizar berharap kegiatan ini dapat membekali para pembimbing haji dan umrah dengan kemampuan yang memadai.

“Sertifikasi merupakan upaya memberikan legalitas kepada para pembimbing haji dan umrah. Harapannya kegiatan ini bisa diikuti dengan baik dan bisa menghasilkan pembimbing berkualitas,” ungkapnya.

Prof. Nizar juga menceritakan pengalamannya selama menjadi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah dalam mendorong sertifikasi, sistem zonasi jama’ah, dan perbaikan pengelolaan konsumsi. Ia juga menyinggung perlunya memikirkan tawaran pelaksanaan sertifikasi Haji secara blended (gabungan luring dan daring) untuk efisiensi waktu.

Sementara itu, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Prof Dr. H. Ilyas Supena, M.Ag menekankan pentingnya sertifikasi yang responsif dengan berbagai dinamika perhajian.

“Dari sisi akademik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi telah menyediakan tim akademik dan pakar yang mumpuni, baik yang berasal dari internal UIN Walisongo maupun dari luar UIN,” papar Ilyas Sepena.

Ketua PAMHU, Prof. Dindin Solahudin, MA memandang kegiatan ini sebagai bentuk aktualisasi dari kerjasama antara FDK dan PAMHU, yang diharapkan dapat mendukung pelaksanaan sertifikasi untuk menghasilkan para pembimbing yang secara kualitatif mumpuni baik secara pengetahuan maupun skill.

Sesi acara pembukaan diakhiri dengan penyerahan peserta sertifikasi dari PAMHU yang diwakili oleh Dr. H. Abdul Sattar, M.Ag., selaku Bendahara PAMHU, kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi sebagai penanggung jawab akademik, yaitu Wakil Dekan I, Dr. H. Mudhofi, M.Ag.

Sebelumnya, untuk memperkuat kompetensi dibidang penyelenggaraan sertifikasi manasik haji profesional dilakukan Memorandum of Understand antara UIN Walisongo dan PAHMU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *