UIN Walisongo Ziarah Wali dan Masayikh, Penguatan Basis Kultural dan Kajian Wisata Religi

UIN Walisongo Online, Surabaya – Rombongan Universitas Islam Negeri (UIN Walisongo) dalam rangka Dies Natalis ke 54 mengadakan Ziarah Wali dan Masayikh pada Selasa-Rabu (23-24/4/2024). Kegiatan ini dibagi menjadi dua rombongan diikuti oleh pimpinan dan keluarga besar UIN Walisongo.

Rombongan melakukan ziarah ke KH Abdul Wahab Chasbullah salah satu pendiri Nahdlatul Ulama, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang merupakan Presiden RI ke 4, Maulana Sayyid Djumadil Kubro yang merupakan Bapak Walisongo dan Raden Ahmad Rahmatullah atau yang dikenal sebagai Sunan Ampel. Rombongan ziarah ini dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Walisongo Prof.Dr. Mukhsin Jamil,M.Ag.

Sedangkan rombongan kedua ziarah wali dan Masayikh ke Raden Maulana Makdum Ibrahim atau Sunan Bonang, Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik, Sunan Giri dan Sunan Drajat dipimpin oleh Kepala Biro Administrasi, Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Walisongo yaitu H.M.Fattah,S.Ag.,M.Ed,.

Prof.Dr.Mukhsin Jamil,M.Ag. menyampaikan “Ziarah wali dan. Masayikh ini untuk menguatkan basis kultural dari UIN walisongo sekaligus bagian dari Dies natalis ke 54. Menyelenggarakan ziarah ke tokoh penting dalam konteks perkembangan Islam dan wali yg berjasa dalam menanamkan Islam secara damai dan bersanding dengan kebudayaan setempat,” ungkapnya.

Selain itu melalui ziarah kita juga terus menguatkan pemangku budaya melalui pemangku makam Aulia yg berkontribusi besar bagi pengembangan wisata religi dan ekonomi masyarakat lokal . Ini menjadi lahan kajian penelitian dan diskusi pengabdian masyarakat yang baik. Tidak hanya aspek ritual ziarah tapi jg pengembangan akademik dalam situs penting perkembangan Islam Nusantara, pungkasnya.

Ziarah kepada wali, masyayikh, dan ulama’ merupakan bagian dari agenda Dies Natalis UIN Walisongo dari tahun ke tahun. Melalui kegiatan ziarah ini seluruh peserta memahami arti penting dari proses perkembangan Islam dalam pembentukan karakter bangsa. UIN Walisongo mendudukan diri secara benar dalam konselasi sosial dan kebudayaan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *