Persiapkan World Class University, UIN Walisongo Bangun Jejaring Internasional

UIN Walisongo Online, Prancis – Dalam rangka mempersiapkan World Class University, Universitas Islam Negeri Walisongo membangun jejaring kerjasama Internasional. Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah dengan menjalin kerjasama dengan beberapa universitas dan lembaga di luar negeri. Kerjasama dilaksanakan beberapa waktu yang lalu oleh Rombongan UIN Walisongo yang dipimpin oleh Prof. Nizar, M.Ag. (Rektor) didampingi Prof. Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag. Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof.Dr. H.Muhyar Fanani, M.Ag. (Wakil Direktur Pascasarjana), Nadiatus Salama, Ph.D. (Kepala Kantor Layanan Internasional), dan Fertiana Santy, Ph.D (Ahli Madya Analis Kebijakan Kementerian Agama RI).

UIN Walisongo membangun jejaring internasional dikawasan United Kingdom dan Prancis melalui pengembangan kerjasama melalui akademik visit diberbagai universitas yaitu University of Edinburgh, University of Strathclyde Glasglow dan Middlesex University London. Selain itu UIN Walisongo juga pengembangan kerjasama dengan Islam Channel London, saluran televisi satelit dan platform media online berbasis Islam dengan menggunakan bahasa Inggris dan berfokus pada Islam.

Prof. Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag. Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan menyampaikan salah satu hasil kerjasama di Lyon, Prancis.

“Hasil pengembangan kerjasama melalui akademic visit di Institut Francais de Musulman salah satunya adalah UIN Walisongo mentraining calon imam selama satu semester dan memberikan sertifikat kepada mereka, selain itu nantinya akan dibangun pusat studi Prancis di UIN Walisongo. Sedangkan dengan Alwaleed Center University of Edinburgh nantinya adanya kolaborasi riset serta bagi mahasiswa UIN Walisongo bisa mengikuti event akademik secara gratis disana dan short course di Edinburgh,” ungkapnya.

Pengembangan kerjasama dengan University of Strathclyde Glasglow dibidang social science dan humanities yang nantinya bisa berkolaborasi dengan Fakultas Psikologi dan Kesehatan diantaranya melalui visiting profesor dan ruang bagi student mobility.
Hasil pengembangan kerjasama dengan Middlesex University London adalah tentang pengelolaan BLU dan pengembangan universitas melalui tata aset dan unit usaha yang bisa diadopsi di UIN Walisongo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *