UIN Walisongo Gelar Upacara Harkitnas 2024, Bangkit untuk Indonesia Emas!

UIN Walisongo Online, Semarang – Universitas Islam Negeri Walisongo menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada Senin (20/5/2024). Upacara yang diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan ini dilaksanan di halaman rektorat.

Peringatan yang selalu dilaksanakan pada tanggal 20 Mei ini memasuki tahun ke-116. Tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Utomo, yang pada masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Adapun tema yang diusung pada Harkitnas 2024 adalah “Bangkit untuk Indonesia Emas”.

Upacara dipimpin oleh Prof. Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag. selaku Wakil Rektor I UIN Walisongo Semarang. Dalam kesempatan ini Mukhsin Jamil membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi.

“Hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang, yakni kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia.”

Refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan “berkunjung kembali” kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia. Sejarah diperlukan bukan karena sensasi politiknya, juga bukan sebagai sumber ketaladanan nilai semata-mata. Tetapi pada percakapan terus menerus tentang kemajuan, kemanusiaan, dan kesejahteraan.

Sebagaimana berkali-kali telah dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo, peluang kita menjadi negara maju ada dalam 10 hingga 15 tahun ke depan dengan memaksimalkan bonus demografi. Presiden juga menekankan bagaimana di dalam Sejarah peradaban negara-negara dan bangsa-bangsa, kesempatan itu hanya dating satu kali, oleh karena itu kita tidak boleh keliru dalam memilih Langkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *