Era Society 5.0, WCC Berikan Bekal Mahasiswa Siap Dunia Kerja

UIN Walisongo Online, Semarang – Walisongo Career Center (WCC) menggelar Seminar Peluang Karier dan Strategi Unggul Berdaya Saing Menembus Pasar Kerja Era 5.0 di Ruang Teater gedung Kiai Saleh Darat pada Rabu, (22/5/2024) pagi tadi.

Hadir Wakil Rektor 3 UIN Walisongo, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI, dan Kepala Pusat Pasar Kerja Kemenaker RI.

Dr. A Hasan Asy’ari Ulama’i, Wakil Rektor 3 UIN Walisongo dengan resmi membuka seminar dan menyampaikan beberapa hal. Menurutnya, Mahasiswa di era Society 5.0 harus mampu menyesuaikan kebutuhan dunia.

“Era Society 5.0 mengalami perubahan yang signifikan ya, terutama dalam pemanfaatan teknologi dan kecerdasan buatan. Ini kita harus bisa menyesuaikan agar tidak punah.” Ungkapnya.

“Peluang karier di era 5.0 sangat beragam dan mencakup berbagai bidang yang didorong oleh kemajuan teknologi dan tranformasi digital,” tutup Wakil Rektor 3.

Mohammad Yusuf, Kepala Pusat Pasar Kerja Kemenaker RI mengungkapkan peran Pasker sebagai penyuluhan bimbingan jabatan dan mix and matcing kerja.

“Peluang kerja bagi kita harus meng-upgrade skill agar kita bisa dapat kerja yang bagus.” Ucap Yusuf.

Sebagai Keynote Speaker Stafsus Mentri Ketenagakerjaan RI Caswoyono mengingatkan kepada para mahasiswa agar bersiap untuk menyambut dunia yang lebih disruptif. Banyak pekerjaan yang akan hilang, banyak juga pekerjaan yang akan muncul.

“23 juta pekerjaan hilang di Indonesia. Seperti contoh teller bank, kasir, supir, dan lain sebagainya.” Ungkap Stafsus Menaker.

Di sisi lain, ada beberapa pekerjaan baru yang tumbuh. Seperti contoh konten kreator, tiktoker, dan lainnya. Hal ini yang membuat tantangan dunia semakin fleksibel. Tidak lain, fleksibilitas pasar kerja juga semakin menantang.

Kegiatan dilanjutkan dengan seminar siap kerja oleh Adi Luhur, SE., Ak, (Area Manajer Jawa Bali Digital Solution Telkom Indonesia) dan Fatah Rosihan, MM. (Ketua HIPSI Jawa Tengah)

Hms.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *