UIN Walisongo, Satu-Satunya Perwakilan PTKIN di the UTM Mobility Carnival 2024

UIN Walisongo Online, Semarang – UIN Walisongo berpartisipasi pada kegiatan UTM Mobility Carnival yang bertemakan “Let’s Study Abroad” diselenggarakan pada 27 Mei sampai 30 Mei 2024  dihadiri oleh 60 peserta perwakilan dari berbagai universitas luar negeri yang berasal dari Jepang, Jerman, Rusia, Korea Selatan, Polandia, Brunei, Filipina, India, Vietnam, Cina, Kamboja, Irak, Finlandia dan Thailand.

Pameran pendidikan internasional tersebut diselenggarakan oleh Universiti Teknologi Malaysia atas kerjasama UTM International dan the Department of Vice Chancellor (Student Affairs & Alumni) dan UIN Walisongo sebagai peserta satu-satunya dari kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dibawah naungan Kementerian Agama RI.

Deputy Vice Chancellor, Prof. Ts. Dr. Edy Tonnizam bin Mohamad dan Associate Director (Education and Experience) Assoc.Prof. Dr. Norahim bin Ibrahim menyambut kehadiran seluruh peserta perwakilan kampus dari berbagai negara pada Opening Ceremony di UTM Banquet Hall. Adapun peserta yang hadir merupakan perwakilan dari Tsukuba University, Chulalongkorn University, Konyang University, Southern Federal University, Shibaura Institute of Technology, Tishk International University, Academy of Silesia, Universiti Teknologi Brunei, International University – Viet Nam National University Ho Chi Minh City, Northwest Samar State University, Kazan National Research Technological University, Eastern Visayas State University, King Mongkut’s University of Technology Thonburi, Hainan College of Foreign Studies, Hanoi University of Science and Technology, Sathyabama Institute of Science and Technology, Darmstadt University of Applied Sciences, University of San Agustin, NUM International College, Samar State University, Davao del Sur State College, Metropolia University of Applied Sciences, UIN Walisongo Semarang dan beberapa kampus terbaik berasal dari Indonesia.

Dalam pemaparannya, Assoc. Prof. Dr. Norahim bin Ibrahim, menjelaskan bahwa kegiatan ini terdiri dari Booth Exhibition, Networking Session, Cultural Performance, Sharing Session dan International University Presentation. Melalui serangkaian kegiatan tersebut, institusi partner menyelenggarakan sesi pemaparan, presentasi dan pameran pendidikan dengan promosi program yang menarik serta kesempatan melanjutkan pendidikan. Networking session menjadi  ruang memperluas jaringan dan mengekplorasi peluang kolaborasi dan kerjasama. Selain itu, pertunjukan budaya menjadi bagian acara yang bertujuan untuk mengenalkan keberagaman budaya di lingkungan kampus. Prof. TS. Dr. Edy Tonnizam bin Mohamad menyampaikan apresiasi setinggi-setingginya kepada seluruh universitas terkemuka dari berbagai negara yang berpartisipasi dan merupakan sebuah kehormatan atas kehadiran mereka di kampus Skudai.

The Vice Chancellor of UTM, Prof. Datuk Ir. Ts. Dr. Ahmad Fauzi bin Ismail, menyampaikan pentingnya berkolaborasi untuk meraih tujuan jangka panjang. Kolaborasi menumbuhkan resiliensi dan kemampuan untuk menavigasi tantangan yang kompleks.  Dengan demikian akan tercipta dukungan yang saling memberikan kebermanfaatan dalam perjalanan menuju kesuksesan berkelanjutan, pencapaian bermakna dan abadi yang paling baik jika dilakukan bersama, Sebagaimana dalam sebuah pepatah “If you want to walk fast, walk alone. But if you want to walk far, walk together” ujar Prof. Ahmad Fauzi. Sebagai dampak jangka panjang yang diharapkan bahwasanya kegiatan ini sebagai dedikasi untuk membina kemitraan jangka panjang yang bermanfaat untuk seluruh komunitas akademik.

Rektor UIN Walisongo, Prof. Nizar, M.Ag, menyampaikan terkait partisipasi UIN Walisongo Semarang pada kegiatan UTM Mobility Carnival 2024 sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan internasionalisasi kampus dengan memperkenalkan program-program studi, berbagai fasilitas, beasiswa, program short course internasional (WISDOM), partnership  dan kolaborasi serta keunggulannya kepada mahasiswa asing potensial dan peserta perwakilan universitas luar negeri yang hadir.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan untuk membangun jaringan dengan berbagai universitas global. Hal ini dapat membuka peluang kerjasama dalam hal pertukaran mahasiswa/dosen/staf, visiting lecturers, penelitian kolaborasi internasional, international community service atau program-program akademik lainnya.  Dengan demikian, UIN Walisongo semakin siap untuk menjadi kampus rujukan internasional”, papar Agus Mutohar, PhD, Kepala International Office.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan UIN Walisongo yang mempresentasikan profil kampus UIN Walisongo dan program-program internasional sekaligus mengikuti seluruh rangkaian dan side events kegiatan yakni Wiwit Rahma Wati, M.Pd. dan Reti Wahyuni, M.Pd. (staf International Office) di kegiatan UTM Mobility Carnival 2024 di Kampus UTM Johor Bahru, Malaysia (29/05/2024).

Reti Wahyuni, M.Pd dan Wiwit Rahma Wati, M.Pd yang merupakan staf ahli international office mewakili UIN Walisongo untuk memaparkan keunggulan UIN Walisongo dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pameran pendidikan di UTM

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *