Study Media 2024 Memberi Edukasi dan Pengalaman Dunia Media untuk Mahasiswa KPI UIN Walisongo

UIN Walisongo Online, Jakarta – Study Media menjadi kegiatan tahunan Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) yang diadakan oleh HMJ KPI pada semester dua. Study Media (Stumed) 2024 kali ini mengajak seluruh peserta untuk berkunjung ke Jakarta pada hari Sabtu (13-14/06/24).

Stumed kali ini diikuti oleh peserta angkatan 2021, 2022, dan 2023. Pada kesempatan ini peserta diberi kesempatan untuk mengunjungi Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Stasiun NET TV untuk menonton langsung acara ‘Main Hakin Sendiri’ (MHS). Tujuan adanya acara ini yakni untuk memberikan edukasi seputar media dan dunia kerja yang bergerak dalam media.

“Tujuan dari Stumed ini untuk mahasiswa jurusan KPI terutama angkatan 22 agar lebih yakin dalam memilih konsentrasi nantinya dan juga belajar media di beberapa instansi dan memberikan gambaran lebih jelas tentang dunia kerja media. Manfaat nya yaitu menambah relasi, pengalaman dan juga pengetahuan mengenai perusahaan yang bergerak di bidang media,” ucap Ameryl Iva Sanlicia selaku ketua panitia Stumed 2024.

Peserta Stumed memulai perjalan acara dari samping gedung Auditarium Kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo. Kemudian sesampainya di Jakarta peserta diajak terlebih dahulu untuk mengunjungi Masjid Istiqlal dan Monumen Nasional (Monas).

Selesai Shalat Jumat, peserta bersiap-siap menuju KPI untuk mendapatkan seminar seputar penyiaran dan diberi kesempatan untuk berkeliling kantor KPI yang sedang bekerja. Setelah itu peserta menuju tempat terakhir yaitu Stasiun NET TV. Selain diberi penjelasan seputar pertelevisian, peserta kali ini juga diberi kesempatan untuk mengikuti acara MHS bahkan beberapa peserta juga ikut serta dalam pensyutingan acara. Tidak hanya itu peserta juga dapat berfoto dengan beberapa artis MHS seperti Giorgino Abraham, Lorenzo Abraham, Oki Rengga, dan Eca Aura.

“Kesan yang saya rasakan yaitu sangat seneng, terharu, semangat. Jujur saya sempet nangis dibangku belakang ketika persiapan live MHS karena saya merasa senang dan bangga atas kerja keras teman teman semuanya sehingga kita bisa berangkat stumed tahun ini. Pesan saya ingin mengucapkan banyak banyak terimakasih terutama kepada teman teman panitia (HMJ KPI) atas partisipasi dan semangatnya untuk pemberangkatan Stumed tahun ini. Dan saya ingin mengucapkan terimakasih juga kepada dosen pendamping yaitu Pak Adeni dan Pak Nahnu atas kesempatan waktu dan tenaganya dalam mendampingi stumed kita. Juga mengucapkan terimakasih kepada peserta yang sudah ikut serta dalam Stumed 2024. Dan tak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar besarnya atas kesalahan yang terjadi pada saat acara berlangsung,” sambung Ameryl Iva Sanlicia saat ditanya kesan dan pesan Stumed 2024.

“Stumed 2024 seru. Saya mengikuti Stumed untuk menambah wawasan dan pengalaman saya, saya juga mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara memproduksi Film,” tutur Salmalia Hasina Zahra yang menjadi salah satu peserta angkatan 2023.

Salah satu alasan peserta angkatan 2022 Lana Maulani mengikuti Stumed yakni karena belum berkesempatan mengikuti Stumed di tahun-tahun sebelumnya, juga alasan di mana ia membutuhkan penguat hati untuk memilih konsentrasi di semester 5.

“Banyak yang saya dapatkan, diantaranya ilmu baru yang saya dapat di KPI pusat dan di NET TV. selain itu, saya juga mendapatkan relasi baru. Stumed seru banget, perjalanannya santai dan nyaman. pesannya semangat terus buat panitia Stumed untuk mewujudkan Stumed di tahun berikutnya, semoga dapat menciptakan inovasi baru yang lebih baik dan lebih keren dari tahun-tahun sebelumnya. Semoga semua ilmu dan relasi yang saya dapat bisa bermanfaat,” tutup Lana Maulani diakhir wawancaranya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *