Ratusan Peserta Antusias Ikuti Sosialisasi Beasiswa LPDP 2024

UIN Walisongo Online, Semarang – UIN Walisongo Bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi beasiswa LPDP 2024, dengan menghadirkan narasumber Ir. Dwi Larso MSIE, Ph.D selaku Direktur Beasiswa LPDP, diruang teater lantai 4  gedung Kyai Sholeh Darat pada Kamis (27/06/2024). Acara ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor 1 , Kepala Biro AUPK, para Dekan, Kepala Pusat serta ratusan orang peserta dari kalangan mahasiswa, alumni dan dosen UIN Walisongo.

Kegiatan dibuka oleh Rektor UIN Walisongo Prof. Dr. Nizar, M.Ag.  dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi yang sangat besar dengan diselenggarakannya acara ini. Sosialisasi ini berfungsi mensyiarkan beasiswa besar yang dapat diikuti oleh para mahasiswa, alumni dan dosen untuk mengembangkan intelektualnya dalam studi lanjut di kancah nasional maupun internasional.

“Beasiswa LPDP ini memberikan ruang kepada peminat beasiswa. Melalui jalur yang luar biasa yaitu lewat beasiswa LPDP ini, saya rasa potensi nya sangat besar dalam memberikan pembiayaan untuk studi lanjut sesuai harapan serta dapat mengembangkan diri secara professional,” jelas Nizar.

Pemaparan materi Sosialisasi Beasiswa oleh direktur beasiswa LPDP Ir. Dwi Larso MSIE, Ph.D  menjelaskan LPDP sebagai lembaga pengelola dana abadi untuk mendanai beasiswa yang berada di bawah pengawasan Kementerian Keuangan, yang mana pembiayaan nya untuk pendidikan tinggi pada program magister dan program doktoral di perguruan tinggi terbaik, di dalam maupun luar negeri.

Tujuan beasiswa LPDP adalah untuk mendukung ketersediaan SDM (sumber daya manusia) Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa di masa depan. Sehingga orang yang nantinya akan mendapatkan kepercayaan dan kesempatan dari LPDP adalah orang yang sudah terseleksi melalui beberapa tahapan, dan akan melakukan studi lanjutan Magister maupun Doktor akan dibiayai oleh LPDP baik yang di dalam maupun di luar negeri.

Pendaftar beasiswa LPDP tiap tahunnya terus meningkat, sementara kapasitas masih terbatas. Tahun 2024 jumlah pendaftar akan mencapai 40.000, sementara kapasitas kira-kira 10.000 beasiswa.

“Pagi tadi kami telah memberangkatkan 305 orang yang lolos beasiswa LPDP ke luar negeri yang tersebar di 15 perguruan tinggi terkemuka di 29 negara, diantaranya Stanford University Amerika Serikat dan University of Cambridge Inggris. Sedangkan untuk dalam negeri ada 73 orang yang tersebar di 15 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia,” ungkap Dwi Larso.

Pendaftaran beasiswa LPDP untuk tahun ini masuk tahap 2 yang sudah berjalan sejak pertengahan Juni hingga Juli 2024. Selanjutnya ada tahap seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, seleksi substansi dan penetapan calon penerima beasiswa. Info lanjut terkait beasiswa LPDP di https://lpdp.kemenkeu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *