Penguatan Jejaring Internasional, UIN Walisongo Jalin Kerjasama dengan Muslim World League

UIN Walisongo Online, Saudi Arabia – Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Nizar, M.Ag menghadiri undangan Muslim World League atau Liga Muslim Dunia di Makkah, Saudi Arabia pada 2 Juli 2024. Delegasi UIN Walisongo disambut dengan hangat oleh Yang Mulia Dr. Abdulrahman Al-Zaid, Wakil Sekertaris Jenderal Muslim World League.

Rektor UIN Walisongo menyampaikan bahwa UIN Walisongo yang bernaung dibawah Kementerian Agama mempunyai inisiatif untuk mengisi Nota Kesepahaman antara Muslim World League dengan Kementerian Agama yang sudah berlangsung dua dekade.

“UIN Walisongo mempunyai distingsi dalam berbagai bidang seperti jurusan falak, pendidikan Islam, dan sains dan teknologi. Kami juga menerima mahasiswa Asing dari berbagai negara seperti Thailand, Yaman, Kamboja, Malaysia, Nigeria, dan lainnya. Kami menawarkan Kerjasama dibidang pengembangan akademik seperti joint seminar dan kegiatan lainnya. Reputasi Konferensi Islam Internasional yang sudah diinisiasi oleh Muslim World League seperti konferensi interfaith seperti R20 dalam pertemuan G 20 penting untuk terus dikembangkan. Kami memohon dukungan dari Yang Mulia Dr. Abdulrahman Al-Zaid untuk meningkatkan atmosfir akademis di kampus kami” tutur Prof. Nizar, Rektor UIN Walisongo Semarang.

Sebagai organisasi yang mempunyai misi menyebarkan pesan Islam yang membangun jembatan kerjasama yang islami dan berkemanusiaan serta meningkatkan persahabatan antar manusia ini siap mendukung perkembangan UIN Walisongo. Wakil Sekjen Muslim World League yang mempunyai latar belakang akademisi ini menekankan pentingnya untuk menindak lanjuti kerrjasama ini.

“Kami berharap dari universitas untuk membuat rencana dan milestone Kerjasama ini dan mengirimkan kepada tim di Sekertariat Jenderal Muslim World League untuk segera kami tindak lanjuti. Kolaborasi dalam bingkai ta’awun antar Lembaga Islam merupakan keharusan” papar Yang Mulia Dr. Abdulrahman Al-Zaid

Kantor Pusat Layanan Internasional UIN Walisongo akan melakukan tindak lanjut Kerjasama yang baik ini seperti dengan membuat kolaborasi seminar antara Muslim World League dan UIN Walisongo dan program-program lainnya.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bagian Akademik dan Pengembangan Institusi Prof. M. Mukhsin Jamil, Dr. Abdul Muhayya, Fertiana Santy, P.hD, dan Agus Mutohar, PhD, selaku Kepala Pusat Layanan  Internasional. Pertemuan ini diakhiri dengan tukar menukar cinderamata antara dua pemimpin Lembaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *