UIN Walisongo Lepas 2130 Mahasiswa KKN di Kendal

UIN Walisongo Online, Rowosari Kendal – Sejumlah 240 mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo diserahkan kepada Camat Rowosari Mahmud Eko Saputro, S.STP dalam acara penyerahan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Rowosari Kab Kendal, Kamis (4/07/2024). Acara ini dihadiri oleh jajaran Muspika, para kepala desa di kecamatan Rowosari dan atau yang mewakili, adapun dari UIN Walisongo dihadiri kepala Pusat Pengabdian Masyarakat didampingi para dosen pembimbing lapangan.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, Masrur, M,Ag menyampaikan bahwa KKN merupakan salah satu program wajib bagi mahasiswa UIN Walisongo untuk mengabdikan ilmu yang telah didapatkan selama di bangku kuliah.

“Inilah universitas  yang sesungguhnya, saat berada di tengah-tengah masyarakat. Adik-adik diajak belajar di universitas yg sesungguhnya, melalui KKN. Maka selama 45 hari kedepan rektor dan dosennya adalah camat, kades, dan muspika, ikutilah arahan dan bimbingan dari beliau beliau”, terangnya.

Pada KKN MIT misi khusus kali ini UIN menerjunkan 2130 mahasiswa yang tersebar di 11 kecamatan di kabupaten Kendal. Adapun Program Utama KKN MIT Ke-18 Tematik Tahun 2024 yakni Pemberdayaan dan Pendampingan Masyarakat di bidang pendidikan, keagamaan, kesehatan, ekonomi kreatif, kesetaraan gender, moderasi beragama dan lingkungan.

Sementara itu, Camat Rowosari Mahmud Eko Saputro, S.STP dalam sambutannya menyampaikan menerima dengan baik kedatangan para mahasiswa KKN dan berharap mereka dapat membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di wilayah kecamatannya. Mahasiswa juga diajak untuk membaur dengan masyarakat, menghormati adat istiadat yang berlaku di masyarakat, “mikul dhuwur mendhem jero”, bijak dalam bermedsos dan selalu berkoordinasi dengan pemerintah desa dalam pelaksanaan program-program KKN agar dapat berjalan lancar.

Acara penyerahan mahasiswa KKN ini diakhiri dengan penyematan seragam KKN oleh Camat didampingi Kepala Pusat PPM, dan foto bersama.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *