Rektor UIN Walisongo Pimpin Upacara HUT RI, Tegaskan Pentingnya Integritas dan Profesionalitas ASN

UIN Walisongo Online, Semarang, – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menyelenggarakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Sabtu (17/8/2024). Upacara ini dipimpin langsung oleh Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Nizar, M.Ag., dan berlangsung di halaman rektorat universitas.

Dengan tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju,” acara ini diikuti oleh seluruh civitas akademika UIN Walisongo yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Nusantara. Suasana khidmat upacara semakin semarak dengan penampilan perdana tim marching band universitas yang menjadi sorotan utama.

Pada kesempatan tersebut, sebanyak 49 pegawai menerima penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya. Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang telah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun di lingkungan UIN Walisongo.

Dalam upacara ini, Prof. Dr. Nizar, M.Ag. juga membacakan sambutan dari Menteri Agama RI yang menekankan pentingnya peringatan kemerdekaan sebagai momentum untuk memperkuat arah pembangunan dan komitmen kebangsaan. Menteri Agama juga mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama untuk menjaga harmoni Indonesia dan mengimplementasikan nilai-nilai kemerdekaan dalam tugas dan pelayanan kepada masyarakat.

“ASN Kementerian Agama harus menjadi teladan dalam menjalankan tugas dengan integritas dan profesionalitas, serta memastikan setiap keputusan didasarkan pada nilai-nilai luhur agama dan Pancasila,” ujar Menteri Agama dalam sambutannya yang dibacakan oleh Rektor UIN Walisongo.

Lebih lanjut, Menteri Agama mengajak seluruh ASN untuk bersiap menghadapi berbagai tantangan yang akan datang, terutama dalam menyongsong Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045. Dalam kesempatan tersebut, disampaikan juga pentingnya kolaborasi dan sinergi antar elemen bangsa dalam mencapai tujuan nasional.

Upacara HUT RI di UIN Walisongo ditutup dengan doa bersama untuk keselamatan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *