UIN Walisongo Susun Pedoman Pengelolaan Anggaran  

UIN Walisongo Online; Semarang – Wakil Rektor II UIN Walisongo Semarang, Dr. H. Abdul Kholiq, M.Ag membuka kegiatan Penyusunan Panduan Pengelolaan Anggaran dan Review RKAKL Tahun Anggaran 2020.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun dalam rangka merumuskan panduan terkait tata kelola pengelola anggaran. Untuk tahun ini dilaksanakan di Hotel Grand Wahid, Selasa-Kamis (4-5 Februari 2020).

Dalam arahannya, Abdul Kholiq menyampaikan meski setiap tahun pengelolaan anggaran sudah diatur oleh Bagian Perencanaan Keuangan dan Satuan Pengawas Internal (SPI) namun masih muncul berbagai persoalan.

Misalnya, di bidang perencanaan, ketika anggaran baru keluar sudah ada yang mengajukan revisi, kegiatan yang berulang-ulang setiap tahun. Lebih lanjut, menurutnya persoalan tersebut perlu dilihat dari berbagai aspek apakah itu karena pedoman keuanganya yang bermasalah atau memang ada aturan-aturan yang belum dimasukan.

“Ke depan, perlu dikembangkan tata kelola, budaya  bersih, serta sistem perencanaan yang baik. Misalnya, pengintegrasian antara matrik kegiatan dengan capaian IKU, pengembangan sistem preventif audit di SPI serta sistem arsiparis. Sehingga, pelaksanaan anggaran tidak menumpuk di akhir tahun dan dapat meminimalisir kecurangan (fraud) serta tidak disibukan dengan pengumpulan berkas ketika ada pemeriksaan” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan dalam laporan kegiatan menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk melakukan review dan penyempurnaan pedoman yang ada untuk disesuaikan dengan perubahan anggaran di tahun 2020.

Lebih lanjut, Nuryanta, SH mengatakan selain melakukan review pedoman angaran kegiatan ini juga dimaksudkan untuk proses review RKAKL 2020. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X