KKN UIN Walisongo Ajak Para Santrì Hidup Bersih

UIN Walisongo Online, Demak – Musim hujan di wilayah Demak dan sekitarnya belum berhenti. Hujan yang intens tidak jarang membuat genangan di berbagai tempat hingga muncul bintik nyamuk.

Mahasiswa UIN Walisongo yang sedang KKN di Desa Tugu, Kecamatan Sayung pun mengingatkan bahwa pada musim hujan sangat penting untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

Penyuluhan PHBS digelar di desa tersebut, dengan titik tekan dj Pondok Pesantren At-Tamri’iyyah.

Penyuluhan digelar dengan bertujuan untuk memberdayakan para santriwati agar tahu, mau, dan mampu mempraktikkan PHBS.

Permasalahan kesehatan yang dihadapi santri-santri tidak jauh berbeda dengan permasalahan yang dihadapi anak sekolah umum, bahkan bagi santri yang mondok akan semakin kompleks lagi dengan masalah lingkungan yang mereka tempati.

Devy, Koordinator divisi kesehatan berharap penyuluhan program PHBS di Pondok bisa bermanfaat bagi santriwati.

“Semoga kegiatan ini bisa menumbuhkan kesadaran bagi santriwati untuk mempraktikkan PHBS, apalagi di depan pondok ini kan ada sungainya jadi perlu sekali untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat”ujarnya.

Dijelaskan, bahwa program PHBS merupakan salah satu program unggulan mahasiswa yang KKN di Desa Tugu.

“Program PHBS ini adalah program kami yang kebetulan bersinergi dengan program kecamatan Sayung yang mengharapkan Mahasiswa yang melakukan KKN di Kecamatan Sayung bisa memberikan penyuluhan tentang kesehatan di pondok pesantren. Semoga dengan adanya program ini bisa sedikit membantu meningkatakan kesadaran untuk berperilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan pondok khususnya di desa Tugu ini,” pungkasnya. (TIM HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X