FST UIN Walisongo Semarang Gelar Khataman Qur’an Virtual

Walisongo Online, Semarang (19/5/2020) Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Waliosngo Semarang selenggarakan acara khotmil Qur’an secara online. Kegiatan tersebut merupakan puncak rangkaian kegiatan tadarus Al-Qur’an oleh civitas akademik fakultas yang dimulai pada awal bulan Ramadhan.

Acara dimulai pukul 20.00 WIB dengan rangkaian acara sambutan dekan Fakultas Saintek, pengarahan Rektor, do’a khotmil qur’an, tahlil dan doa bersama, kemudian dilanjutkan dengan Tausiyah yang disampaikan oleh Drs. H. Jasuri, M.SI.

Dalam sambutannya, Dr. H. Ismail, M.Ag selaku Dekan Fakultas Saintek mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta kegiatan. Ia juga memberikan motivasi kepada dosen, pegawai, dan mahasiswa untuk sabar dan tetap mematuhi anjuran pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan ikhtiyar lahir maupun batin.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada hadirin semua karena sudah meluangkan waktu untuk mengikuti acara ini dalam suasan di tengah pandemi Covid-19. Saya berharap hadirin semua tetap bersabar dan mengikuti anjuran pemerintah untuk social atau physical distancing”, jelas Ismail.

Lebih lanjut, Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag, Rektor UIN Walisongo Semarang memberikan motivasi dan arahan bagaimana tetap beraktivitas dalam keadaan New Normal saat ini. Yakni tetap beraktivitas seperti biasa dengan tetap memegang protokol kesehatan.

“Bahwa sekarang kita telah memasuki keadaan baru, yakni New Normal dimana kita harus menyesuaikan atau dapat beradaptasi dalam kondisi pandemi dengan beraktivitas senormal mungkin dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan”, tutur Imam Taufiq.

Acara khataman yang diikuti hampir 200 keluarga besar FST UIN Walisongo Semarang ini, dipandu do’a Khotmil Qur’an oleh Drs. H. Achmad Hasmy Hashona, M.A dan dilanjutkan Tahlil oleh Dr. H. Ruswan, M.A

Acara ditutup dengan pemberian tausiyah yang diberikan oleh Drs. K.H Jasuri, M.Si, pada tausyiahnya, Dosen Jurusan Fisika ini mengajak seluruh keluarga besar FST UIN Walisongo, untuk Kembali merenungi hikmah ramdahan pada malam ke-27, menurutnya momentum ramddhan ini penting sebagai perenungan mendalam atas kehidupan selama ini, terlebih pada saat pandemi covid-19 seperti saat ini

“Pada malam ke-27 ini, kita keluarga besar FST UIN Walisongo berharap berkah Al-Qur’an, sembari merenungi Kembali kejadian-kejadian yang saat ini sedang kita alami bersama, semoga Allah memberikan petunjuk-Nya agar pandemic Covid-19 ini dapat segera berlalu, dan menjadi pelajaran berarti bagi kita semua” Jasuri

Turut mengisi acara pada kegiatan ini dua mahasiswa FST UIN Walisongo; Mohammad Reza Ramdani Sanjaya sebagai MC, dan Muhammad Iqbal Sholeh sebagai Qori.
(Humas UIN Walisongo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X