UIN Walisongo Gelar Wisuda Secara Offline, Luluskan 544 Mahasiswa

UIN Walisongo Online, Semarang – UIN Walisongo Semarang mulai menggelar kegiatan wisuda secara langsung dalam kegiatan Wisuda Doktor (S3) ke 27, magister (S2) ke-51 dan Sarjana (S1) ke-84, di Auditorium 2 Kampus 3, Selasa (24/5/2022).

Sebanyak 544 mahasiswa diwisuda dalam wisuda periode kedua tahun 2022 ini. 544 wisudawan terdiri dari 18 orang doktor, 37 magister dan 489 orang sarjana. Jumlah wisudawan hari ini merupakan gabungan dari 8 fakultas dan 1 pascasarjana.

“Sejak UIN Walisongo berdiri tahun 1970, kampus ini telah meluluskan 45.61 mahasiswa. Hari ini ada 544 wisudawan. Kami mohon kepada bapak Rektor untuk mewisuda para doktor, magister dan sarjana. Semoga semua dapat mendarmabaktikan ilmunya untuk kepentingan agama, nusa dan bangsa,” kata Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. M. Mukhsin Jamil, M.Ag menyampaikan laporan wisuda.

Dalam wisuda Mei 2022, lulusan dari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) sebanyak 71 213 sarjana dan, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (Fuhum) sebanyak 4 magister dan 43 sarjana, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sebanyak 24 magister dan 98 sarjana, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) sebanyak 2 magister dan 88 sarjana.
Selanjutnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 4 magister dan 80 sarjana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) sebanyak 22 sarjana, Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) sebanyak 28 sarjana, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) sebanyak 59 sarjana, dan Pascasarjana sebanyak 18 doktor dan 3 magister.

“Prestasi akademik dari program doktor, magister dan sarjana sangat memuaskan. IP rata-rata untuk program doktor 3,69, magister 3,59 dan program sarjana 3,64,” tambahnya.

Wisudawan terbaik dalam wisuda periode Mei 2022 untuk sarjana diberikan kepada Rudy Darmawan dari Fakultas Syariah dan Hukum dengan judul Skripsi “Implementasi Konsep Sakinah Mawaddah Wa Rahmah bagi Kalangan Istri yang Bekerja sebagai Pemandu Karaoke (Studi Kasus di Desa Sumberejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal.”

Wisudawan magister S2 Pascasarjana terbaik diperoleh Hilda Fentiningrum dengan Judul Tesis “Poligami dengan Alasan Kebutuhan Seksual dalam Perspektif Gender Analisis Putusan Pengadilan Agama Jepara Tahun 2018-2020. Sementara wisudawan terbaik program doktor diperoleh Kuat Ismanto dengan Disertasi berjudul “Kesiapan Implementasi Halal Studi Kasus Kota Pekalongan, Kota Semarang dan Kota Surakarta.”

Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag. mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah diwisuda hari ini. Rektor juga mengucapkan selamat kepada para orang tua wisudawan. Sebab, para orang tualah yang sesungguhnya berperan di balik layar kesuksesan seorang anak.

Rektor juga membekali para wisudawan agar mempergunakan ilmu yang diraihnya dalam perkuliahan agar digunakan di tengah masyarakat. Aktualisasi diri merupakan bagian integral dari amal sholeh yang tidak hanya berorientasi pada kerja di dunia saja, melainkan bentuk tanggung jawab mengemban amanah sebagai khalifah fil al ardh untuk memakmurkan bumi Indonesia. [Tim Humas]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X