Prodi Biologi UIN Walisongo Ikut Serta Pada Ajang Mini Symposium 2022 on Sustainable and Agriculture

UIN Walisongo Online, Semarang – Jumat (09/11) Prodi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang berkerjasama dengan UIN Kalijaga Yogyakarta sebagai Host dan Instiper yogyakarta, mengadakan Mini Symposium 2022 on Sustainable and agriculture. Meskipun digelar secara daring, ratusan peserta dari 3 universitas turut berkontribusi untuk menambah khasanah keilmuan demi mengikuti perkembangan keilmuwan terkini.
Acara ini  dibuka oleh Dr. Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Kalijaga Yogyakarta. Dalam sambutannya, disampaikan ucapan terima kasih yang sangat atas bersedianya UIN Walisongo dan Instiper sebagai universitas rekan yang bersedia melakukan Kerjasama dalam melakukan Mini Symposium 2022 on Sustainable and agriculture dan kedepan diharapkan 3 instansi ini terus melakukan Kerjasama yang baik untuk terus menjaga silaturahmi.
Selanjutnya disampaikan pula bahwa Mini Symposium ini menghadirkan tema yang menarik, luar biasa, dan relevan dengan perkembangan zaman yang saat ini dapat dikatakan berbasis Sustainable and agriculture.
Mini Symposium tersebut menghadirkan dua narasumber internasional yaitu Hiroshi Arai, Ph.D Researcher at The National Agriculture and Food Research Organization (NARO) Tsukuba, Japan yang membawakan tema penelitiannya berjudul Symbiosis: selfish strategies of microorganisms in insects dan juga Alisa Zach, PhD (Cand) Researcher and PhD candidate from The Federal Research Centre “Fundamentals of Biotechnology” of the Russian Academy of Sciences (Research Center of Biotechnology RAS) yang membawakan materi Study of the hydrolytic enzymes from the extremely haloalkalophilic archaea Natronobiforma cellulositropha. Selain narasumber internasional juga terdapat 4 narasumber dari nasional yaitu Fariha Wilisiani M.Biotech. Ph.D Lecturer at Agrotechology, Agriculture Faculty INSTIPER Yogyakarta yang membawakan materi genomic of begomovirus di Indonesia, Eka Sulistiyowati, MA., M.IWM Lecturer and Researcher at Biology Dept. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang membawakan materi Climate change and Biodiveristy. Selain itu narasumber dari UIN Walisongo Dian Armanda Department of Biology, UIN Walisongo Semarang, Indonesia Department of Industrial Ecology, Institute of Environmental Sciences (CML) Leiden University, NL dengan judul tema Exploring innovative sustainable urban agriculture: Trends and Challenges.
Semoga Mini Symposium ini semakin menunjukkan eksistensi Prodi Biologi di Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang sebagai prodi yang turut melakukan praktik MBKM dengan bekerjasama antar universitas.

humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *