107 Siswa MAN Kab. Pekalongan Timba Ilmu Astronomi di Planetarium UIN Walisongo

UIN Walisongo Online, Semarang – Sejumlah 107 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Pekalongan berkunjung ke UIN Walisongo Semarang. Kunjungan terpusat di Gedung Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo dengan sosialisasi berjalan di Teater Planetarium dilanjutkan dengan show benda langit di domeshow Planetarium. Kegiatan berlangsung pada Senin, (17/10/2022) siang.

 

Menurut Wakil Kepala Kurikulum MAN Kab. Pekalongan, kunjungan ini sebagai salah satu rangkaian studi kampus bagi siswa kelas XII yang sebentar lagi akan menginjakkan kaki di jenjang perkuliahan. Kegiatan ini dipandang penting sebagai penunjang siswa untuk belajar dan gambaran awal di bangku perkuliahan.

 

Tidak hanya berkunjung untuk mendapatkan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, para siswa juga diberikan suguhan show benda-benda langit di Planetarium UIN Walisongo. Hal ini tentu membuat siswa terkagum-kagum melihat Planetarium terbesar di Asia Tenggara ini.

 

Koordinator Bagian Kerjasama, Kelembagaan dan Humas UIN Walisongo Moch Muhaemin menuturkan bahwa kunjungan ke UIN Walisongo bukan hanya sekedar sosialisasi kehidupan kampus, akan tetapi mengenalkan kekuasaan Allah melalui planetarium. Anak-anak akan melihat betapa hebatnya Sang Khaliq menciptakan semua ini.

 

“Bahwa melalui planetarium ini, kita dapat melihat benda-benda langit yang sudah adik-adik semua pelajari di sekolah. Ini saatnya melihat langsung. Dari sini juga kita dapat belajar bahwa Allah menciptakan alam begitu sempurna dan kita hanya setitik debu di galaksi.” Ungkap Muhaemin.

 

Senada dengan hal itu, salah satu siswa MAN Kabupaten Pekalongan menunjukkan ekspresi yang takjub setelah melihat show planetarium.

 

“Masya Allah… Luar biasa. Saya baru kali ini melihat benda-benda langit seperti nyata. Luar biasa!.” Kata salah satu siswa selepas show.

 

*HUMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *