Prioritaskan Internasionalisasi Riset, Pasca Sarjana Undang Para Profesor Untuk Memantapkan Program Kerja

UIN Walisongo Online, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Walisongo mengadakan kegiatan Raker untuk membahas beberapa agenda, terutama program kerja prioritas dalam 2 tahun ke depan pada tanggal 27-29 Mei 2024 bertempat di Hotel California Bandung.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Muhyar Fanani, M.Ag tersebut dihadiri oleh para civitas akademik, termasuk para profesor, antara lain Prof. Muhyar, Prof. Raharjo, Prof. Sholehan, Prof. Misbah Zulfa Elizabet, Prof. Mujibatun dan Prof. Abdul Hadi. Selain itu hadir pula beberapa doktor senior seperti Dr. Nasihun Amin, Dr. Agus Nurhadi, Dr. Muhaya dan Dr. Muhammad Sulthon.
Kehadiran para expert tersebut diharapkan dapat memantapkan 15 program kerja yang telah dicanangkan oleh pascasarjana.

Prof. Sholehan mengkritisi program peningkatan atmosfir akademik dalam meningkatan kualitas riset & publikasi; serta program peningkatan jumlah mahasiswa asing & publikasi internasional, supaya hal itu jangan dikaitkan dengan humanisasi ilmu-ilmu agama saja tetapi juga harus dikaitkan spiritualisasi pengetahuan dan revitalisasi local wisdom. Ketiganya adalah komponen UoS yang tidak terpisahkan sehingga tidak boleh diabaikan dalam internasionalisasi riset.

“Jaminan mutu adalah hal yang penting untuk mengecek apakah penelitian tersebut sudah sesuai standar atau belum, maka dari itu diperlukan interaksi yang intens dengan LPM” ucap Dr. Muhaya dalam sambutannya.

Prof. Eliz turut memotivasi minimnya sumber dana yang dimiliki bukanlah halangan untuk tetap melakukan riset dengan baik. “Penting sekali meningkatkan kerja sama dengan lembaga penyelenggara riset, bukan hanya perguruan tinggi saja yang membutuhkan mereka, tetapi mereka sebenarnya juga sangat membutuhkan kita” tambah Prof. Elizabeth.

Prof. Mujibatun kemudian menggarisbawahi bahwa internasionalisasi riset yang baik adalah suatu keniscayaan sehingga seluruh civitas harus menjadi tim yang solid dalam memaksimalkan cita-cita tersebut agr menjadi realita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *