UIN Walisongo Semarang Resmi Bentuk Tim Admisi

UIN Walisongo Onlibe, Semarang- Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang memberikan layanan penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun 2024, salah satu jalur yang diselenggarakan untuk seleksi mahasiswa baru yaitu Ujian Jalur Mandiri (UJM). Wakil Rektor 1 (WR 1), Prof. Dr. M. Mukhsin Jamil, M.Ag. memimpin langsung rapat persiapan pelaksanaan tes CBT UJM yang dilanjutkan dengan koordinasi tim Unit Admisi (UA).

Acara yang berlangsung pada Kamis (4/07/2024) di Ruang Senat Gedung Rektorat tersebut dihadiri oleh Biro AUPK, kepala PTIPD, kepala Pusat (Kapus) Audit dan Pengendalian Mutu (APM) pada Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Kepala Bagian (Kabag) Akademik dan Kemahasiswaan, Kabag Umum, Kabag TU, perwakilan dari Poliklinik Pratama, Kabag Perencanaan dan Keuangan, Perlengkapan dan Pengadaan Barang/Jasa, Subkoordinator Humas dan Informasi, Komandan Satpam dan Tim Unit Admisi (Kepala, Sekretaris, dan Koordinator Seleksi).

Dimoderatori oleh H. Nurrohman, S.Ag., S.Pd., MM. (Kabag Akademik dan Kemahasiswaan) dan Alimul Huda, MM. (Kasubag Akademik), rapat berjalan lancar. Pembahasan persiapan PMB dengan jalur UJM berikutnya diharapkan lebih maksimal agar target kuota mahasiswa UIN Walisongo sebanyak 5340 orang bisa tercapai. Dalam rangka meningkatkan kualitas proses PMB, WR 1 menekankan untuk melakukan promosi secara lebih masif agar target jumlah pendaftar pada jalur PMB terpenuhi (menggunakan standar akreditasi).

Menyemangati tim PMB, WR 1 mengatakan,“Unit Admisi, Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, PTIPD dan Humas adalah 4 pillar utama yang mengawal PMB. Kita tidak butuh orang yang kuat, melainkan kerjasama yang kuat untuk mencapai goal. Selain itu, branding lembaga dengan menunjukkan bukti keunggulan UIN Walisongo semarang pada level nasional dan internasional yang nyata dan sangat banyak jumlahnya perlu diperkuat. Kerjasama antar unit dan kerjasama dengan berbagai madrasah/sekolah mitra PMB perlu ditingkatkan sebagai salah satu strategi memperkuat pengelolaan PMB.”

Sayyidatul Fadlilah, M.Pd. selaku Kepala Unit Admisi menyampaikan simpulannya setelah mendengarkan pengarahan dari WR 1 bahwa tantangan PMB tahun ini sangat kompleks dan menjadi cambuk tersendiri bagi tim Unit Admisi selaku organ baru yang memecut semangat tim Unit Admisi untuk segera menjalankan peran dan fungsinya. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Dr. Muhammad Nafi Annury, M.Pd sebagai Koordinator Seleksi Unit Admisi.

Setelah dilakukan diskusi mendalam membahas berbagai persoalan PMB oleh semua elemen yang hadir, dirumuskan rekomendasi langkah yang akan ditempuh berikutnya. Rekomendasi tersebut diantaranya adalah sosialisasi PMB secara besar-besaran harus segera dilaksanakan dengan melibatkan semua pihak.

Berbenah diri dalam layanan juga mutlak harus dilakukan oleh seluruh dosen dan pegawai UIN Walisongo Semarang. Disamping itu, optimalisasi fungsi website, media massa dan media sosial seperti Twitter, Instagram, TikTok, Youtube, dll sebagai media promosi mendesak harus ditingkatkan. Semua upaya tersebut dilakukan agar capaian target PMB UIN Walisongo Semarang 2024 dapat terpenuhi dengan tetap berproses secara berkualitas pula untuk mendapatkan camaba yang memenuhi syarat dengan menggunakan prosedur yang benar.

Itulah diantaranya alasan mengapa Unit Admisi dibentuk sebagai upaya UIN Walisongo memberikan layanan yang lebih berkualitas pada proses penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru agar bisa terlaksana secara lebih dinamis, informatif, dan profesional sesuai dengan standar layanan umum. Rektor UIN Walisongo Semarang menetapkan SK Nomor 1091/Un.10.0/R/HK.01.00/5/2024 tentang pengurus Unit Admisi UIN Walisongo Semarang dengan susunan pengurus sebagai berikut.

1. Prof. Nizar, M.Ag, Rektor, Pengara

2. Prof. Dr. M. Mukhsin Jamil, M.Ag, Penanggung Jawab 1

3. M. Fatah, S.Ag., M, Ed, Penanggung Jawab 2

4. Sayyidatul Fadlilah, S.Pd.I, M.Pd., Kepala Unit Admisi

5. Fitri, M.Sos., Sekretaris

6. Nahnu Robid Jiwandono, M.Pd, Koordinator Sosialisasi dan Promosi

7. Widi Cahya Adi, M.Pd., Koordinator Helpdesk

8. Dr. Muhammad Nafi Annury, M.Pd., Koordinator Seleksi

9. Mokhamad Iklil Mustofa, M,Kom., Koordinator TIK

Dengan ditetapkannya Unit Admisi sebagai organ baru di UIN Walisongo Semarang, maka garda terdepan PMB bertambah 1 dari semula Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Humas, dan PTIPD. “Saya berharap keempat elemen ini (Unit Admisi, PTIPD, Humas, dan Bagian Akademik dan kemahasiswaan) terus berkoordinasi secara intensif dan bergerak cepat dalam menangani PMB tahun ini”, pesan WR 1 menyemangati. (FTR-UA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *